PENGARUH TEKNIK PEMBERIAN BALIKAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Suatu Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 2 Bongomeme)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang dibelajarkan dengan teknik pemberian balikan langsung dan balikan tertunda, (2) pengaruh interaksi teknik pemberian balikan dan gaya kognitif spasial terhadap hasil belajar IPA, (3) perbedaan hasil belajar IPA pada kelompok peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial tinggi, yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik pemberian balikan langsung dan balikan tertunda, (4) perbedaan hasil belajar IPA pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial rendah, dibelajarkan dengan menggunakan teknik pemberian balikan langsung dan balikan tertunda. Metode yang digunakan adalah tretmen by level dengan rancangan desain ANAVA 2 x 2. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil belajar IPA pada peserta didik yang dibelajarkan dengan teknik pemberian balikan langsung hasil belajar IPA lebih tinggi daripada teknik pemberian balikan tertunda. Terdapat pengaruh interaksi antara teknik pemberian balikan dan gaya kognitif peserta didik terhadap hasil belajar IPA. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial tinggi yang dibelajarkan dengan teknik pemberian balikan langsung hasil belajar IPA lebih tinggi daripada teknik pemberian balikan tertunda. Untuk peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial rendah, dibelajarkan dengan teknik pemberian balikan langsung hasil belajar IPA lebih rendah daripada teknik pemberian balikan tertunda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jufri H.A Wahab. 2013, Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung : Reka Cipta.
Keefe, Jame W. 1987. Learning Style Theory And Practice. Virginia. Reston , Va: National Association of Secondery School Principals (NASSP)
KiramYanuar. 1993. BelajarMotorik. Jakarta :Depdikbud.
Kim Ji Hyun. 2013. Learner Understanding of Written Corrective Feedback and Its Relationship with Immediate Uptake and Retention in EFL Classrooms. Keimyung University
Metcalfe Janet,dkk.2009. Delayed versus immediate feedback in children’s and adults’ vocabulary learning. Columbia University, New York, New York.
Musnandar. 2006. Keefektifan Pengajaran Melalui Pengaruh Interaktif Antara Pemberian Balikan Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan Belajar.
Purwanto M. Ngalim. 1986. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana. 2005. Metode statistik. Bandung: Tarsito
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Uno B. Hamzah. 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
--------------------. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta : PT Ina Publikatama
Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Article metrics
Abstract views : 313 | views : 251Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika