URGENSI MATA KULIAH PENDIDIKAN KARAKTER DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DALAM KONTELASI GURU SEBAGAI ROLE MODEL BAGI PESERTA DIDIK
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pemerintah Indonesia memberi penekanan pada pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di sekolah. pada praktiknya terjadi reduksi-reduksi yang mengakibatkan praktik pendidikan karakter tidak komprehensif, karena lebih mengedepankan pada pengajaran nilai-nilai saja yakni penekanan lebih pada sisi kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dilakukan di Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Sumber data menggunakan sampel purposif (purposive sample) yang fokus pada informan-informan terpilih. Pengumpulan data yang diperlukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dengan 4 komponen analisis yaitu: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil wawancara diperoleh kesimpulan bahwa 100 % narasumber pernah mendengar istilah pendidikan karakter. 2) 97% narasumber tidak paham mengenai pendidikan karakter 97% narasumber tidak paham implementasi pendidikan karakter 100% narasumber ingin mengajarkan pendidikan karakter terhadap siswa jika nanti mengajar disekolah. 99% narasumber tidak tau cara mengajarkan pendidikan karakter kepada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung :Alfabeta.
Bashir, S. (2014). Teacher as A Role Model and Its Impact on the Life of Female Students.
International Journal of Research – Granthaalayah. [Shakila et al.*, Vol.1(Iss.1):August,2014
Danin, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, Heri. (2012.) Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Kunandar. (2008). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lickona, T. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikanpendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. Diterjemahkan oleh: Wamaungo.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Leonie Francisca dan Clara R.P. Ajisuksmo. (2016). Kompetensi Guru Pada Pendidikan Karakter Berdasarkan Komponen Pembentukan Karakter Di Sebuah Lembaga Pendidikan Non- Formal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 1 Mei 2016
Nazir. (2005). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakaya
Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakaya
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Raka, G., Mulyana, Y., Markam, S.S., Semiawan, C.R., Hasan, S.H., Bastaman, H.D., &
Nurachman, N. (2011). Pendidikan karakter di sekolah: Dari gagasan ke tindakan. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
Sugiyono. (2011). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Cv Alfabeta
Suryadi & Turmudi. (2011). Kesetaraan Didactical Desing Ressearch (DDR) Dengan Matematika Realistik Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika Makalah disajikan padaSeminar Nasional UNS 26 November 2011.
Syahrul.(2014). Language Politeness and Character Education in Indonesian Language Learning Based on Curriculum 2013. ISBN: 978-602-17017-4-4.
Thoifuri.(2008). Menjadi Guru Inisiator. Semarang. Rasail Media Group.
Triatmo.(2010). TantanganImplementasiPendidikanKarakter di Sekolah.Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, EdisiKhusus Dies Natalis UNY
Article metrics
Abstract views : 568 | views : 398Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika