EVALUASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH SE KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi profesional guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran IPA, (2) kompetensi profesional guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA dan (3) kompetensi profesional guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah se Kabupaten Gorontalo, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang deskriptif yang meliputi perencanaan , pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan perolehan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kompetensi profesional guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah se Kabupaten Gorontalo secara umum sudah baik. Hanya pada beberapa orang guru yang kurang dalam merencanakan pembelajaran, (2) kompetensi profesional guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dalam hal ini adalah kualitas pengelolaan kelas masih kurang optimal. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya-upaya perbaikan untuk peningkatan mutu pembelajaran dan (3) kompetensi profesional guru dalam menilai pembelajaran secara umum masih kurang dan butuh perbaikan. Masih banyak guru yang kurang optimal dalam melaksanakan penilaian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Akbar. 2009. Kemampuan Guru dalam proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Aryan. 2007. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Akademik Guru Matematika. (http:www. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Akademik Guru Matematika << Anugerah ‘Jang Guru’.htm) diakses 20 Juli 2012
Creswell. J.W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 2nd ed. Thousand Oaks, CA : Sage
Publications.
Deppennas. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Kompetensi Evaluasi Pendidikan 04-B3. Jakarta : PMPTK
Indrawati, Yuliani. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) Pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Tesis.
Kemenpennas. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta : PNPTK
Mulyasa, E., (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution, S. (2000). Penelitian Ilmiah, Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Patilima, Hamid. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum.
Edisi 2. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Article metrics
Abstract views : 408 | views : 303Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika