PENERAPAN ALGORITMA SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) PEMBERIAN SANKSI TERHADAP SISWA YANG MELAKUKAN PELANGGARAN

Alter Lasarudin, Tri Pratiwi Handayani, Sitnasanti Yane

Abstract


Pelanggaran adalah perilaku yang menyimpang untuk melakukan tindakan dengan kehendaknya sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pihak sekolah dalam pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar aturan sekolah. Metode yang digunakan adalah Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), dengan delapan kriteria pelanggaran antara lain kehadiran, keterlambatan, kebersihan lingkungan dan kedisiplinan, pakaia seragam, keagamaan, perkelahian, membawa handpone, merokok. Hasil perhitungan metode SMART dengan jumlah 70 data siswa yang melanggar diperoleh nilai 100 yang menunjukan nilai tertinggi sehingga siswa tersebut dikeluarkan dari sekolah, sedangkan perolehan nilai 52,76 menunjukan bahwa siswa tersebut tidak naik kelas, nilai 30,06 menunjukan siswa diskorsing, dan nilai terakhir 19.02 menunjukan siswa tersebut mendapatkan surat teguran dari pihak sekolah.


Keywords


Algoritma SMART; Sanksi Pelanggaran Siswa.

Full Text:

PDF

References


Analisis Sensitifitas Model SMART-Ahp dengan SMARTer-Roc sebagai Pengambilan Keputusan Multi Kriteria. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri.UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru,18-19 Mei 2017, 2(3), 210–218.

Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Untuk Penentuan Bintang Nararia Bhayangkara ( Studi Kasus : Kepolisian Daerah Riau ). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekan Baru. Skripsi

Implementasi Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank ( SMARTer ) pada Sistem Pendukung Keputusan Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah. Jurnal Teknologi Informasi, 1(3), 127–132.

Penentuan Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Berbasis Php Dan Mysql Studi Kasus Smpn 10 Tambun Selatan. Jurnal Informatika Simantik, 3(1), 1–6.

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Paud Menggunakan Metode SMART. Jurnal Stimik Stikom, 10(86), 446–451.

Implementasi Metode SMART untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak dalam Mengikuti Ekstra.Jurnal Nusantara of Enginering, 3(1), 59–64.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/juik.v2i1.1487

Article metrics

Abstract views : 384 | views : 215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUIK (Jurnal Ilmu Komputer)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.