Transisi Sya’ir Jahili dan Sya’ir Awal Islam (Kajian Kritik Sastra)

HASBI ULUMUDDIN

Abstract


Kritik sebagai alat untuk mengapresiasi terhadap suatu objek dalam hal ini sastra sebagai obejeknya. Kritik yang mengalami perubahan secara konseptual dari tataran praktis hingga metodelogis. Sastra Arab (sya’ir) menjadi produk kebanggan masyarakat Arab terutama masyarakat jahili, saling bantah argumen terjadi ketika menilai orsinalitas sya’ir jahili, pendapat yang satu meniadakan dan pendapat lain mengakui keberadaan sya’ir jahili. Tujuan penelitian ini adalah menemukan praktek kritik terhadap sya’ir antara dua zaman yaitu Jahili dan awal Islam, mengungkap diaketik para ilmuan Arab mengenai eksistensi sya’ir Jahili dan menemukan pudarnya salah satu jenis sya’ir jahili ketika masuk awal Islam. Artikel ini memakai penelitian kepustakaan dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa transisi terjadi setelah Islam datang, nilai-nilai Islam bergema di daratan Arab namun tidak meninggalkan kecintaan terhadap sya’ir. Di masa Islam sya’ir hanya berubah pada isi dan tujuan saja, pokok menggunakan sya’ir sebagai syiar dalam futuhat Islam. Dari berbagai jenis sya’ir pada masa Jahiliyah hanya jenis sya’ir ghazal yang hilang pada masa awal Islam, sedangkan praktek kritik antara kedua zaman tersebebut berkisar tentang efektivitas penggunaan kata serta memberi apresiasi dengan berbagai cara, seperi memuji. 


Keywords


Islam; Jahili; Syair

Full Text:

PDF

References


Afifah, Hana Zulfa, and Ajang Jamjam, ‘`Arudl, Qafiyah, Dan Pesan Moral Pada Puisi- Puisi Al-`Ainiyyah Dalam Antologi Qais Bin Dzarih’, Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 3.1 (2020), 28–35

Al-Ashfahani, Ar-Raghib, Mu’jam Mufradat Al-Fadz Al-Quran .Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2008.

Ali, Jawwad, Al-Mufashal Fi Tarikh Al-’Arab Qabla Islam. tt. 1993.

B.A, Almeeri, ‘An-Naqd Al-Adabi Mundzu Dzuhur Al-Islam Hatta Nihayat Al-’Ashr Al-Umawwiy’, Majalat At-Tarbiyah Al-Jami’ah Ak-Asmariyah, 2018, 1–19

Brockelman, Carl, Tarikh Al-Adab Al-’Arabi. Kairo: Dar Al-Ma’arif. tt.

Dhayif, Syauqi, An-Naqd. Mesir: Dar Al-Ma’arif. tt.

———, ‘Tarikh Al-Adab Al-’Arabi Al-’Ashr Al-Jahili’ (Mesir: Dar Al-Ma’arif, 1932.

———, ‘Tarikh Al-Adab Al-’Arabi Al-Ashr Al-Islam’.Kairo: Dar Al-Ma’arif. tt.

Fachrudin, Azis Anwar, Pengantar Sejarah Dan Madzhab Linguistik Arab. Sidoarjo: CV Lisan Arabi, 2017.

Ghalayaini, Jami’ Durus Al-’Arabiyyah. Beirut: Dar Al-Fikr, 2014.

Husein, Thaha, Fii Al-Adab Al-Jahili. Kairo: Hindawi, 2014.

Inani, Mustafa, Al-Wasith Fi Al-Adab Al-’Arabi Wa Tarikhikhi. Kairo: Dar Al-Ma’arif.tt.

Kamil, Sukron, Teori Kritik Sastra Arab Klasik Dan Modern .Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Munawwir, Ahmad Warson, Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif, 1997

Zaidan, Jurji, Tarikh Adab Al-Lughah Al-’Arabiyah. Kairo: Hindawi, 2013


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.11.1.127-136.2022

Article metrics

Abstract views : 464 | views : 343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 HASBI ULUMUDDIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter