Pengaruh Desain Bahan Ajar Kitābah terhadap Mahārah al-Kitābah

Susilawati Susilawati, Rizal Dj. Kasim, Abdurrahman Wahid Abdullah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis bahasa Arab peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen, serta perbedaan kemampuan menulis bahasa Arab kedua kelas tesebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bercorak positivistik berjenis kuasi experimental design menggunakan pretest - posttest control group design. Peneliti menggunakan  uji t (t-test) dalam menganalisis data. Hasil Pretest pada kelas kontrol 47,50 dan kelas eksperimen 45,29. Ini menunjukkan bahwa kemampuan peseta didik dalam menulis teks bahasa Arab tergolong rendah. Selanjutnya posttest dilaksanakan setelah menggunakan bahan ajar khusus peningkatan keterampilan menulis guna mengetahui pengaruh bahan ajar yang telah peneliti desain tersebut. Posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu dengan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol 54,70 sedangkan kelase ksperimen mencapai angka 76,47. Uji uji hipotesis dengan t-test, diperoleh thitung 68 lebih besar dari ttabel pada taraf kesalahan 5% uji dua pihak dan dk -2 = 15 yaitu 2,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa Hi ditolak dan Ho diterima. Maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat  peningkatan  positif dalam penerapan desain bahan ajar bahasa Arab terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas X MAN 1 Parepare.


Keywords


Desain Bahan Ajar; Bahan Ajar Bahasa Arab; Keterampilan Menulis Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


‘Ulyan, Ahmad Fuad Mahmud. 1992. al-Maharah al-Lughowiyah, Mahiyatuha wa Turuqu Tadrisuha. Riyadh: Darul Muslim.

n.d.

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Reflika Aditama.

al-Ba'labaky, Munir. 1995. Al-Maurid (Kamus English-Arab). Beirut: Dar al-Ilm li al-Malayin.

Anis, Ibrahim. 1972. Al Mu'jam al-Wasit. Kairo: ....

Departemen Agama RI. 1985. Al Qur'an dan terjemahannya. Jakarta: Penyelenggara Kitab Suci.

Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Mania, Sitti. 2012. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin Univesty Press.

Ma'ruf, Nayif Mahmud. 1991. Hasa'su al-Arabiyyah wa Tara'qu Tadriisuhaa. Beirut-Libanon: Da>ru al-Nafa>’s.

Nasir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Nursyirwan. 2014. Pendekatan Humanistik Pembelajaran Bahasa Arab. Watampone: Luqman al-Hakim.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodah. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.11.1.164-178.2022

Article metrics

Abstract views : 209 | views : 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Susilawati Susilawati, Rizal Dj. Kasim, Abdurrahman Wahid Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter