PENERAPAN THARIQAH AT-TA’LIM AS-SIYAQ AL-LUGHAWY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Cutri Tjalau, Suharia Sarif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu model pembelajaran Bahasa Arab yakni Penerapan Contextual Teaching and Learning (Thariqah at-Ta’lim as-Siyaq al-Lughawy) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI di MA se-kota Gororntalo. Untuk mencapai tujuan tersebut, menanamkan bekal keterampilan berbahasa bukan hanya memberikan pengetahuan, dan pembelajaran bahasa menghendaki sebuah proses pragmatik, bukan teoritik belaka. Serta Menjadikan peserta didik aktif, kreatif dan menjadi seorang problem solver yang baik. Salah satu pendekatan adalah Contextual Teaching and Learning (Thariqah at-Ta’lim as-Siyaq al-Lughawy). Dengan demikian prinsip pendekatan ini mendorong peserta didik untuk mempelajari serta menggunakan bahasa Arab dengan baik sesuai dengan situasi tertentu. Penelitian ini akan dilaksanakan di delapan MA se Kota Gorontalo. Terdiri dari tujuh MA swasta dan satu MA negeri, dalam hal ini peneliti mengambil 5 Madrasah Aliyah dari 8 Madrasah. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan fenomenologis dan edukatif. Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh dengan melalui: Observasi dan wawancara tentang CTL. Sumber data dari penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya penerapan Countextual Teaching and Learning pembelajaran bahasa Arab sangat efektif. Karena mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan menjadikan peserta didik lebih senang dalam hal belajar bahasa Arab serta lebih mudah dipahami.

Keywords


Penerapan; Thariqah al-Ta’lim al-Siyaq al-Lugawiy; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Rasyidi. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Miskyat.

Fathurrohman dan Sulistyorini, Muhammad. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Penerbit Teras.

Elaine B. Johnson, Contextual Teaching Learning; What It is and Why It’s Here to Stay, Terjemahan: IBNU SETIawan: Contextual Teaching Learning; Mejadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna, Bandung: Mizan Learning Centre, cet. 3. 2007.

Fatwa R.S.H, Fahmi. 2016. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning. Jurnal AL MURABBI Volume 3, Nomor 1, Juli. ISSN 2406-775X.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Cet, 1; Bandung: Refika Aditama.

Hasibuan, H. M. Idrus. 2014. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Logaritma Vol. II, No. 01 Januari.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusrini, Siti Dkk. 2006. Keterampilan Dasar Mengajar, Malang: Fakultas Tarbiyah UIN.

Muchtar, M. (2017, June 30). Contextual Teaching and Learning Method in Studying Arabic. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 14 (1), 175-188. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v14i1.465.175-188

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong. Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nurhadi. 2002. Contextual Teaching and Learning. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, 2002.

Nurhadi. 2014. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UNM.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Cet, 1; Bandung: Refika Aditama, 2009.

Priansa, Doni Juni. 2015. Manajeman Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas, Kreatif dan Innovatif. Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompotensi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tussolikha, Amalia. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Di MTs Muhammadiyah Purwokerto Banyumas. Skripsi Thesis, IAIN.

Tjalau A. Cutri, 2011. Penerapan Contextual Teaching Learning (Thariqah At-ta’lim As-siyaq Al-lughawy) dalam Pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Gorontalo. Skripsi, IAIN.

Wirawan, Quantum Teaching, Alternatif Pengajaran Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

Zaenuddin dkk, Radliyah. 2010. Strategi dan Metode Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Cet, 1; Cirebon: Pustaka Rihlah Group.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.8.2.101-135.2019

Article metrics

Abstract views : 1241 | views : 631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cutri Tjalau, Suharia Sarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter