Implementasi Metode Sam’iyah Syafahiyah Pada Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Mufradat

M Rifian Panigoro, Abdur Rahman Adi Saputera

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berawal dari keadaan rendahnya kemampuan penguasaan Mufradat siswa kelas X MA Alkhairaat Kota Gorontalo pada mata pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan Mufradat. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, antara lain merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan rendahnya kemampuan penguasaan Mufradat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan penguasaan Mufradat siswa dengan penerapan metode Sam’iyah Syafahiyah. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam penerapan metode Sam’iyah Syafahiyah di kelas X dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu 1) Pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode sam’iyah syafahiyah. 2) Pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 2 x 35 menit selama dua termin waktu ke sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode sam’iyah syafahiyah dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan penguasaan Mufradat siswa kelas Pada Siswa Kelas X MA Alkhairaat Kota Gorontalo.

Kata Kunci : Implementasi, Sam’iyah Syafahiyah, Mufradat


Keywords


Implementasi; Sam’iyah Syafahiyah; Mufradat

Full Text:

PDF

References


Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang, Percetakan Misykat, 2009)

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2008)

http://id.wikipedia.org/wiki, Kosa Kata, 11/01/2019

Muhammad bin Yazid al-Quzwini, Sunan Ibnu Majah (Al-Qâhirah, Percetakan Dâr al-Fikri), tt

Permenag nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah

Subana, M. dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, (Bandung, Pustaka Setia, 2000)

Sukardjo, M. dan Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, (Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2009)

Tarigan, Henry Guntur, Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, (Bandung, Angkasa, 2008)


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.164-178.2020

Article metrics

Abstract views : 2087 | views : 947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdur Rahman Adi Saputera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter