HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE SISWA SMP NEGERI 1 TALAGA JAYA KABUPATEN GORONTALO

Rahmawati Parman, Firman Pakaya

Abstract


This research aims to determine the relationship between emotional intelligence and the intensity of playing online games in SMP Negeri 1 Talaga Jaya students who play online games. The research is a quantitative research with a research population of 59 students. The research subjects were determined based on the subject criteria set by the researcher, namely, students at SMP Negeri 1 Talaga Jaya who played online games with a duration of playing games more than 3 hours per day. The sample was taken using a purposive sampling technique where a researcher determines the subject with several criteria. Data collection is done by distributing questionnaires to respondents. The analysis used in this research is product moment correlation. The results of the hypothesis test obtained are the correlation coefficient r = -0.256 with a significance (p) = 0.050 (p<0.05) Means Ha is accepted, therefore can be concluded there is a negative relationship between emotional intelligence and online game addiction in SMP Negeri 1 Talaga students. Jaya. The higher the emotional intelligence, the lower the intensity of playing online games, and conversely the lower the emotional intelligence, the higher the intensity of playing online games, even though the degree of relationship between the two variables is relatively weak

Keywords


Emotional Intelligence, Intensity of Playing Online Games

Full Text:

PDF

References


Agustin, H. (2018). Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 5 Palembang. In Skrispi.

Agustin, H. (2018). Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 5 Palembang. In Skrispi.

Apriliyani, A. (2020). Hubungan Intensitas Bermain Permainan Online Dengan Kecerdasan Emosional. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 40. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4856

Bayu, D. J. (2021). Masa Depan Cerah Gim Online di Indonesia Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Masa Depan Cerah Gim Online di Indonesia - Analisis Data Katadata” ,. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/60bd726285611/masa-depan-cerah-gim-on

Benjamin, W. (2019). HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE (STUDI. In Skripsi. UNIVERSITAS NEGERI PADANG.

Dewi, Nita Puspita. (2014). Hubungan antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial pada remaja. Jurnal Psikologi. Diunduh dari: http://eprints.ums.ac.id/31789/13/naskah_publikasi.pd

Dewandari, Saptarini. (2013) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo. Diunduh dari: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3563

Evi Tri Wahyuni. (2021). Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Sering Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja. Indonesian Scholar Journal of Nursing and Midwifery Science (ISJNMS), 1(03), 106–112. https://doi.org/10.54402/isjnms.v1i03.60

Filhaq, R. (2019). Pengaruh social motivation, sociability, selfcontrol dan usia terhadap adiksi game online. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47002%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/47002/1/RAGHIB FILHAQ-FPSI.pdf

Hardanti, R. (2020). KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN.

JULIAH, S. E. (2019). Universitas Sumatera Utara.

Laily, F. L. (2014). Hubungan antara Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar pada Siswa Laki-Laki Kelas VII SMPN 13 Malang. Jurnal Psikoislammika. 2(1), 110-116

Misnawati. (2016). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA-SISWI DI SMP YPS ( YAYASAN PENDIDIKAN SAMARINDA ). 4(2).

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148.

Pratama, A., & Fithriyana, R. (2020). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Program Studi S1 Penjas Kesrek. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 268–273. https://doi.org/10.31004/prepotif.v4i2.1006

Putri, U. D. K. (2021). Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online Berunsur Kekerasan dengan Perilaku Agresif Remaja Akhir. In Universitas Sanata Dharma.

Sakinah, A. M. R. (2021). hubungan antara tingkat kecerdasan Emosional dan kecenderungan perilaku agresif pada pemain game online.

Sandya, S. N., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 202. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5680

Sari, Trimawati, R. A. (2020). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Smp Negeri 3 Ungaran : Tinjauan Dari Beberapa Artikel Penelitian. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 085201. http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1089

Septia, Z. E., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Komunitas Game Ingress Di Bandung. Empati, 7(4), 1–5.

Shalihat, Nurdini Amalia. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Pemain Game Online Di Kota Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Taurina, D. R. (2012). HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN SKRIPSI Diajukan Kepada Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Untuk Memenuhi Sebagian Dari Syarat-syarat Guna Memperoleh Derajat Sarjana S1 Psiko.


Article metrics

Abstract views : 450 | views : 172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Manusia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.