Gerakan Masyarakat Sadar Stunting Berbasis Smart Edukasi Dalam Perspektif Pelayanan Publik Desa Ulanta Kabupaten Bone Bolango

Trisusanti Lamangida, Widya Kurniati Mohi, Dian Fitriani Karim

Abstract


Permasalahan yang dihadapi mitra dalam pencegahan, penekanan angka stunting di Desa Lunta antara lain masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang stunting, rendahnya kesadaran masyarakat dalam pencegahan, penekanan stunting, serta belum optimalnya pemanraatan IT dalam upaya pencegahan stunting di masyarakat. Solusi yang ditawarkan adalah perlunya pelaksanaan edukasi tentang pencegahan penekanan angka stunting kepada masyarakat dan perlunya membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat berbasis smart edukasi yang terukur, dapat dicapai, tepat waktu serta berkelanjutan. Sinergitas dalam perspektif pelayanan public yang komunikatif, koordinatif, kolaboratif perlu dibangun dalam rangka mewujudkan desa bebas stunting. Untuk keberlajutan program maka luaran riset ini adalah menghasilkan produk aplikasi online peduli stunting yang dapat diakses oleh semua elemen baik dari pemerintah dan masyarakat umum.

Keywords


Smart Edukasi; Public Service; Peduli Stunting

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. (2018). GERAKAN PENCEGAHAN STUNTINGMELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8).

BKKBN. (2021). Buku Pintar Stunting. Panduan Petugas Lini Lapangan BKKBN.

Gunawan, A. (2013). Tinjauan socio-multicultural-art-reality- technology “SMART”. Disampaikan dalam Diskusi Sains Yogyakarta.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/mohuyula.1.1.19-26.2022

Article metrics

Abstract views : 198 | views : 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohuyula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published Journal : Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Addres Office : Jl. Prof. Mansoer Pateda, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. 96181