Model Evaluasi Reaction Level dari Kickpatrick Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Provinsi Gorontalo
Abstract
Sebagai suatu tahapan dalam pengelolaan program Diklat, peran evaluasi amat menentukan karena evaluasi menjadi alat bagi pemimpin apakah Diklat itu sudah mencapai tujuan atau tidak. Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Aparatur model reaction level dari Kickpatrick adalah model evaluasi yang berfokus pada persepsi peserta terhadap program Pendidikan dan Pelatihan beserta tingkat efektifitasnya. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur reaksi peserta terhadap program pelatihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dekriptif kualitatif dengan tehnis analisis data menggunakan rumus pembobotan dari Kickpatric. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peserta menunjukkan reaksi positif yang tinggi terhadap pelatihan berkaitan dengan sebagian besar komponen pelatihan, 2) Peserta menunjukkan reaksi yang positif karena menyadari memperoleh masukan yang berguna selama pelatihan, 3) Peserta menunjukkan reaksi yang lebih baik terhadap pelatihan meliputi komponen asrama/penginapan (luas dan fasilitasnya), 4) Tidak ada peserta yang menunjukkan reaksi kurang baik terhadap pelatihan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak I, (2000). Metodelogi pembelajaran orang dewasa, Bandung : Andira
Akbar,MF. (2016). Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah. JAKPP UNHAS. 2(1),47-64
Anwar (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup.Bandung : Alfabeta
AR Syamsudin dan S. Damaianti V (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineke Cipta
Basuki M, Hermansjah.(2008). Evaluasi Purna Diklat. Modul Diklat Kewidyaiswaraan berjenjang tingkat Madya. Jakarta ; LAN RI
Budi Prawira Triton (2006), SPSS 13.0 Terapan, riset statistik Parametrik, Jogyakarta : CV. Andi Offset
Bungin, B. (2003). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana
Danim, S (2000). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
Effendy Nasri, Purwastuti. Rancangan Penelitian Ilmiah.Modul Diklat Kewidyaiswaraan berjenjang tingkat Madya. Jakarta : LAN RI: Bumi Aksara
Hariyati, M (2007), Model dan teknik penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta ; Tim Gaung Persada Press
LAN RI, (2008). .Strategi Pembinaan dan Pemberdayaan dalam rangka peningkatan Kualitas Diklat Aparatur.Jakarta ; LAN RI
Firdaus Fery. (2013). Bahan Ajar Rancangan Penelitian Ilmiah. Tidak diterbitkan. LAN-RI
Moleong, L.J, (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung : Rosda
Sadulloh, U (1994), Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung : Media Iptek
Sugiyanto, Purnomo Bambang (2006), Metode Penelitian Ilmiah Kediklatan. Modul Diklat Kewidyaiswaraan berjenjang tingkat Madya.Jakarta : LAN RI
Sukmadinata, S.N (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompotensi. Bandung : Yayasan Kusuma Karya
________________(2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Suryabrata, S (2003), Metodelogi Penelitian. Jakarta ; Raja Grafindo Persada
Article metrics
Abstract views : 722 | views : 457Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Thamrin A Kum
View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.