Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula

Nurhayati A Yasin, Abdurrahman Pakaya, Lukfiah I Radjak

Abstract


The aim of this research to know the leadership style of village head in governance, development and people services in the village of Tolinggula Pantai, to know the factors that effecting of the leadership implementation of village heads in sub-district of Tolinggula. This research used interview method, documentation technique and observation. This research focus on the office village of Tolinggula Pantai Sub-district of Tolinggula at North Gorontalo regency. Based on the result of research that performance village head of Tolinggula Pantai enter in good category that like as his authority. The factors that determine the quality of service does not become an obstacle to giving people services to the people considering many facilities and equipment are lacking. The conclusion that the village head of Tolinggula Pantai has a good service to its people.

Peranan pemerintah khususnya pemerintah desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seharusnya menjadikan pemerintah di desa khususnya pimpinan desa dalam hal ini kepala desa lebih memperhatikan cara pelayanan di desa, agar supaya pelayanan kepada publik atau masyarakat benar – benar berjalan dengan baik. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Desa Tolinggula Pantai. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, teknik dokumentasi, dan pengamatan. Penelitian di pusatkan pada kantor Desa Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menurut peneliti bahwa Gaya kepemimpinan kepala desa Tolinggula Pantai sangat baik atau dapat dikatakan pemimpin yang kharismatik dan pemimpin yang kooperatif. Dari cara kepala desa memberikan saran kepada staf desa Tolinggula Pantai, menerima saran, menyambut masyarakat yang kebetulan bertemu di tempat pelayanan sampai dengan cara mensosialisaikan program bantuan kepada masyarakat. Kepala Desa Tolinggula Pantai berusaha semaksimal mungkin untuk dapat melayani masyarakat meskipun berada diluar jam kerja.

Keywords


Leadership Style, Village Head, People Services; Gaya Kepemimpinan, Kepala Desa

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F. (2015). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Desa Mopuya Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 4(1), 49-52.

Hardiyansyah. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik.Penerbit. Yogyakarta : Gava Media.

Husein Umar, (2001). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Graha Pustaka

Ike Kusdyah Rachmawati. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Andi

Kartono Kartini (2014). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta : Rineka

Maleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Redja Rosdakarya.

Putong iskandar (2010). Teori Kepemimpinan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rosida, Sulistiyani. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu

Satori dan Komariah, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta,

Siagian P. Sondang, 2002, Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta :Rineka Cipta,


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.5.1.39-45.2016

Article metrics

Abstract views : 535 | views : 266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurhayati A Yasin, Abdurrahman Pakaya, Lukfiah I Radjak



Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.