Analisis Jalur Karir Jabatan Struktural Berbasis Kompetensi di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo

Irfan Ibrahim

Abstract


This study aims to determine the use of career path positions, measuring the job competency requirements and design a career path position as a competence-based simulation. This study uses a case study of exploratory design, while the type of research is descriptive qualitative data sources upon 40 structural officials and documents in Gorontalo Provincial Secretariat. While data collection techniques used is through questionnaires and documentation. Data analysis technique used was cluster analysis that aims to get a group position based on proximity / similarity of competence between the positions of the other positions. Results of cluster analysis showed that the group was formed consisting of 12 clusters and 4 (four) family positions, in which positions within a job family can be rotated and promoted directly, while outside the office of the family done by cross posting. Thus it can be conducted to determine the standard of job competency requirements and design of a competency-based career path positions in the Secretariat of Gorontalo Province.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan jalur jenjang karir jabatan, mengukur persyaratan kompetensi jabatan dan merancang jalur jenjang karir jabatan sebagai simulasi berbasis kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode eksploratoris dengan desain studi kasus, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, serta sumber data berasal dari responden 40 orang pejabat struktural dan dari dokumen yang ada di Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis cluster yang bertujuan untuk menentukan kelompok jabatan berdasarkan kedekatan/kesamaan kompetensi antara jabatan yang satu dengan jabatan lainnya. Hasil analisis klaster menunjukkan bahwa kelompok jabatan yang terbentuk terdiri dari 12 cluster dan 4 (empat) keluarga jabatan, di mana jabatan-jabatan tersebut dapat dirotasikan dan dipromosikan secara langsung antara satu dengan yang lain. Sedangkan jabatan yang berdiri sendiri atau tidak berada dalam keluarga jabatan, masih tetap dapat dirotasikan dan dipromosikan ke jabatan lain jika dianggap mampu, namun pegawai dalam jabatan tersebut harus diikutkan dalam diklat untuk jabatan yang dituju atau yang disebut dengan rotasi atau promosi secara cross posting. Dengan demikian dapat diketahui standar persyaratan kompetensi jabatan dan desain jalur karir jabatan berbasis kompetensi di Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo.

Keywords


Career; Structural; Competency ; Karir; Struktural; Kompetensi

References


Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian, Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Dessler, Gary, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Bahasa Indonesia), Jakarta : Prenhallindo

Furqan, 2002, Statistika Terapan Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Hasibuan, Malayu S.P., 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hidayat, Bern., 2003, Manusia dan Kompetensi (Panduan untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing), Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer

Kusumastuti, Dyah, 2004, Implementasi MSDM Berbasis Kompetensi – Pengukuran Kebutuhan Kompetensi Jabatan, Materi Loka Karya, Tidak Dipublikasikan.

Siagian, S.P., 1994, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Jakarta : Bumi Aksara

Spencer, Lyle M. & Spencer Signe M., 1993, Competence at Work, New York : Jhon Wiley & Sons Inc

Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer, 2014, Pengolahan Data Statistik Dengan SPSS 20.5, Jakarta : Salemba Infotek


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.6.1.58-67.2017

Article metrics

Abstract views : 717 | views : 554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PUBLIK : Jurnal Ilmu Administrasi



Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.