STRATEGI PEMASARAN DAYA TARIK WISATA JATILUWIH, TABANAN, BALI PADA ERA NEW NORMAL

Desy Paradina, Ni Made Eka Mahadewi, Luh Yusni Wiarti

Abstract


Salah satu daya tarik wisata di Bali yaitu daya tarik wisata Jatiluwih yang terletak di kabupaten Tabanan, Bali terkena dampak wabah virus corona sedang kembali bangkit dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar wisatawan mau berkunjung kembali ke Jatiluwih. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa tantangan yang dihadapi daya tarik wisata Jatiluwih dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada era new normal, menganalisa penerapan strategi pemasaran daya tarik wisata Jatiluwih pada era new normal, serta menentukan strategi pemasaran yang tepat melalui analisis SWOT dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada era new normal. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian untuk mengumpulkan data. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan yang digunakan pada penelitian ini adalah karyawan manajemen operasional pengelolaan daya tarik wisata Jatiluwih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya tantangan yang sedang dihadapi oleh DTW Jatiluwih dan menerapkan strategi pemasaran yang diterapkan pada masa era new normal. Hasil analisis SWOT yang paling efektif adalah strategi S-O yaitu: Jatiluwih merupakan warisan budaya dunia yang telah diakui UNESCO sehingga dapat menjadi peluang bagi DTW Jatiluwih untuk memasarkan produk yang dimiliki.


Keywords


strategi, pemasaran, tantangan, era new normal

Full Text:

PDF

References


Akbar, Husaini Usman, Purnomo Setiadi, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Apriyono Ahmad 2016. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2597796/8- negara-yang-maju-dan-berkembang-dari-sektor-pariwisata.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Ferdiansyah Hendri, et al 2020. Pengelolaan Mitigasi Krisis Pariwisata Akibat Pandemi Covid-19 Dalam Menghadapi Fase New normal (Studi Kasus Di Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta). Ejournal Binawakya, 15 (3), 4133- 4144.

Gunagama M. Galieh, Yumma R. Naurah, dan Arganiz Ellyza 2020. Pariwisata Pascapandemi: Pelajaran Penting dan Prospek Pengembangan. Jurnal Arsitektur, Kota dan Pemukiman, 5 (2), 56-68.

Jannah Miftahul S. 2020. https://tirto.id/blunder-jokowi-hadapi-corona-berikan-insentif-diskon-tiket-pesawat-eCqu

Khoirunnisa Ninin dan A. Yusuf Kholil 2018. Strategi Bauran Pemasaran Desa Wisata Kampung Ekologi Temas Di Kota Batu. Buana Sains, 18 (2), 161- 170.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mahendrayani, I Gusti Ayu Putu Seri dan Ida Bagus Suryawan 2018. Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5 (2), 240-247.

Nisa Choirotun 2020. https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/strategi-industri- pariwisata-dalam-menghadapi-new-normal/

Ratu Cristina dan I Made Adikampana 2016. Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4 (1), 60-67.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wijaya Callistasia 2020. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52194441

Yurianto (kementrian kesehatan Covid-19) 2020. Retrieved from: https://www.kemkes.go.id/article/view/20052900001/vaksin-covid-19- belum-ditemukan-pemerintah-siapkan-skenario-new-normal.html.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.4.1.13-22.2021

Article metrics

Abstract views : 2309 | views : 1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats