PENYIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS CHSE DALAM MEMASUKI ERA NEW NORMAL DI HOTEL LOSARI VILLA LEGIAN DAN HOTEL LOSARI SUNSET ROAD BALI

Jeanny Winowatan, I Ketut Murdana, Ida Ayu Putri Widawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan mengevaluasi  penyiapan sumber daya manusia berbasis CHSE di era new normal, (2) menganalisis tantangan yang dihadapi selama melakukan penyiapan sumber daya manusia berbasis CHSE dalam memasuki era new normal (3) mengungkapkan perubahan yang terjadi pada masa era new normal di Hotel Losari Villa Legian dan Hotel Losari Sunset Road Bali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara, checklist observasi, studi dokumentasi. Data di analisis dengan teknik analisis deksriptif kualitatif, melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi dan penegasan simpulan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) penyiapan yang dilakukan telah mengikuti protokol kesehatan, namun tidak sepenuhnya atau tidak maksimal dengan yang dianjurkan oleh pemeritah melalui Program CHSE, (2) tantangan yang dihadapi selama memasuki era new normal adalah tantangan yang muncul dari internal dan eksternal diantaranya seperti penggunaan masker dan pengaplikasian protokol kesehatan sehingga membutuhkan simulasi dan teori pemahaman tentang hal tersebut, (3) perubahan prosedur sebelum, saat ini dan setelah pandemi Covid-19 adalah perubahan yang muncul ketika adanya pandemi, oleh sebab itu benar adanya perubahan prosedur dimasa pandemi Covid-19 ini merupakan hal yang positif untuk menjadi acuan dalam menjalankan operasional hotel sehingga perubahan yang dilakukan dapat mengurangi pencegahan penyebaran Covid-19.

Keywords


Sumber daya manusia, Hotel, CHSE, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aly, M. Nilzam, dkk. 2020. Panduan aman “new normal” Menghadapi pandemic covid-19 “new normal” safety guide forcovid-19 pandemic. Jurnal Layanan Masyarakat. Volume 4(2). 415-422

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT Rajawali pers.

Disparda & BPS Provinsi Bali, 2020. “Data Statistik Jumlah Wisatawan”. Retrieved from https://disparda.baliprov.go.id/rili s-data-statistik-desember- 2019/2020/02/ https://bali.bps.go.id/indicator/16 /106/1/banyaknya-wisatawan- mancanegara-bulanan-ke- bali- menurut-pintu-masuk.

Fajri, Devy Dwi. 2020. Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Tatanan Normal Baru. Jurnal Abdimas Pariwisata, STP AMPTA. Volume 1(2). 59-65.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Moeleng, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja

Sugiyono.2017. “Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D”.Bandung: Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.4.1.23-31.2021

Article metrics

Abstract views : 714 | views : 564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats