STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA MASCETI GIANYAR DALAM PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG DAN NILAI EKONOMI

Sri Dewi Handayani, Ni Made Eka Mahadewi, I Ketut Surata

Abstract


Kawasan wisata Masceti di Desa Medahan, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, merupakan kawasan wisata berbasis budaya yang dikembangkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Bila meninjau dari tujuan pokok tersebut, Kawasan Wisata Masceti yang merupakan kawasan wisata berbasis budaya memiliki dualisme fungsi, yaitu sebagai (1) Kawasan Pariwisata, serta sebagai (2) Penyedia lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya.  Sehingga dalam pengelolaannya, kawasan Masceti di Desa Medahan ini membutuhkan strategi pengembangan yang tepat. Penelitian ini menfokuskan kepada strategi pengembangan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan nilai ekonomi masyarakat.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif dan kuantitatif (mixed method)  dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) untuk menguji analisa data yang ada dari hasil teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Sehingga demikian, akan dapat diketahui faktor pendukung dari peningkatan jumlah pengunjung dan nilai ekonomi masyarakat Desa Medahan, Gianyar.  Sehingga Kawasan wisata Masceti dapat memenuhi kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) dari wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata tersebut.   Dan untuk strategi peningkatan nilai ekonomi masyarakat agar dibuatkan perencanaan kegiatan ekonomi yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat lokal.


Keywords


Strategi; Pengembangan; Nilai Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arta Darma, G.S., 2018. Persepsi Wisatawan Terhadap Kawasan Suci Pura Masceti di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar”, Jurnal Destinasi Pariwisata. Vol 6 No.2, 2018.

Eman, I.O., Berthy Sagay, B.A., Jocom, S.G., 2018. Strategi Pengembangan Objek Wisata Danau Linouw Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tomohon. Jurnal Transdisiplin Pertanian.

Freddy, Rangkuti, 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama. Cetakan keduabelas.

Khotimah, K, Wilopo dan Hakim, L. 2017. Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)/Vol.41.

Sugiyono (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Penerbit: Alfabeta

Undang-undang No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan keuangan yang berdasarkan asas Desentralisasi, Dekosentrasi, dan Tugas Pembantuan.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.4.2.71-83.2021

Article metrics

Abstract views : 578 | views : 485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats