STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR SROWOLAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Marketing plan yang di rancang dalam penelitian ini bertujuan sebagai pedoman stakeholder dalam menentukan langkah-langkah strategis program-program pengembangan pasar. Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar. Beberapa pasar tradisional yang "legendaris" antara lain adalah pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Klewer di Solo, pasar Johar di Semarang, serta Pasar Srowolan yang memiliki nilai sejarah perjuangan pada masa penjajahan kolonial belanda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angipora P. Marius, Dasar-dasar Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta, 1999
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh,Edisi Milenium, Jakarta, 2000.
Assuari, Sofyan, Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan VI, PT. Raja Grafindo Persada, 1999.
Mc. Daniel, Pemasaran, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta, 2001.
Kotler, Philip, Amstrong, G. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Hapsari, I. 2015. Dampak Erupsi Gunung Merapi terhadap Lingkungan serta Penanganan Pasca Erupsi. Universitas Diponegoro Semarang.
Yoeti, O.A. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Article metrics
Abstract views : 312 | views : 309Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats