STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR SROWOLAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Anggraeni M.S Lagalo

Abstract


Marketing plan yang di rancang dalam penelitian ini bertujuan sebagai pedoman stakeholder dalam menentukan langkah-langkah strategis program-program pengembangan pasar. Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar. Beberapa pasar tradisional yang "legendaris" antara lain adalah pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Klewer di Solo, pasar Johar di Semarang, serta Pasar Srowolan yang memiliki nilai sejarah perjuangan pada masa penjajahan kolonial belanda.


Keywords


Strategi Pengembangan; Pasar; Daya Tarik ;Wisata

Full Text:

PDF

References


Angipora P. Marius, Dasar-dasar Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta, 1999

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh,Edisi Milenium, Jakarta, 2000.

Assuari, Sofyan, Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan VI, PT. Raja Grafindo Persada, 1999.

Mc. Daniel, Pemasaran, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Kotler, Philip, Amstrong, G. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Hapsari, I. 2015. Dampak Erupsi Gunung Merapi terhadap Lingkungan serta Penanganan Pasca Erupsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Yoeti, O.A. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.2.2.86-96.2019

Article metrics

Abstract views : 312 | views : 309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats