PERBANDINGAN KOMPRES HANGAT PADA DAERAH DINDING PERUT, VENA-VENA BESAR (AXILA) DAN DAERAH TEMPORAL TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH KLIEN FEBRIS DI RSUD DR. M. M. DUNDA LIMBOTO

Fadli Syamsuddin, Abdul Wahab Pakaya, Ahmad Syafii Baruadi

Abstract


Kompres hangat dapat dilakukan di daerah dinding perut, vena-vena besar (axilla) dan daerah temporal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektifitas pemberian kompres hangat pada daerah dinding perut, vena-vena besar (axila) dan daerah temporal terhadap penurunan suhu tubuh klien febris.  Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan There Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di ruangan irina F dan irina H, di RSUD dr. M.M. Dunda Limboto. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pada penelitian ini dilakukan pengujian yaitu penggunakan paired sample t test pada masing-masing kelompok intervensi yang dilanjutkan dengan analisis one way anova.Kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan penurunan suhu tubuh antara kompres hangat pada daerah vena-vena besar (axila) dengan kompres pada daerah perut dan daerah temporal (ρvalue 0,000) dan tidak terdapat perbedaan kompres daerah perut dengan daerah temporal ditunjukkan (ρvalue 0,539).


Keywords


Kompres hangat, Suhu Tubuh

Full Text:

PDF

References


Ayu. E. I. 2015. Kompres Air Hangat pada Daerah Aksila dan Dahi Terhadap Penurunan Suhu Tubuh pada Pasien Demam di PKU Muhammadiyah Kutoarjo. Jurnal Ners dan Kebidanan untuk Indonesia, Vol. 3 No. 1.

Dinas Kesehatan Kab. Gorontalo. 2017. Laporan Tahunan Dinkes Kabupaten Gorontalo. Gorontalo: Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. 2017. Laporan Tahunan Dinkes Provinsi Gorontalo. Gorontalo: Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Elon dan Simbolon. 2018. Tindakan Kompres Hangat pada Temporal Lobe dan Abdomen terhadap Reaksi Suhu Tubuh Pasien dengan Thyphoid Fever. Jurnal Skolastik Keperawatan. Vol. 4 No. 1.

Kania. 2007. Penatalaksanaan Demam Pada Anak. Bandung; Pustaka UNPAD

Kozier. Berman. dan Snyder. 2011. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, & Praktik Edisi 7. Jakarta: EGC

Nurlaili. R. 2018. Studi Komparatif Pemberian Kompres Hangat dan Tepidsponge terhadap Penurunan Suhu Tubuh pada Anak dengan Kejang Demam di RSUD dr. Soedarsono Pasuruan, Jurnal Keperawatan Terapan. Vol. 4 No. 2;128-137

Potter & Perry. 2011. Buku Ajar Fundamental Keperawatan (Konsep, Proses dan Praktek). Jakarta: EGC.

Setiawati. 2009. Pengaruh tepid sponge terhadap penurunan suhu tubuh dan kenyamanan pada anak usia pra sekolah dan sekolah yang mengalami demam di ruang perawatan anak Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Fakultas Ilmu Keperawatan. Doctoral dissertation, Universitas Indonesia, Depok.

Setyowati. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua dengan Penanganan Demam pada Anak Balita di Kampung Bakalan Kadipiro Banjarsari Surakarta. Skripsi, STIKES PKU Muhamadiyah.

Sherwood. 2014. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem, Edisi 8. Jakarta: EGC.

Smeltzer & Bare. 2012. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddar (ed. 8. Vol. 1.). Jakarta: EGC.

Sodikin. 2012. Prinsip Perawatan Demam Pada Anak. Jakarta: Pustaka Belajar.

Soemah. E. N. 2015. Perubahan Suhu Tubuh dengan Metode Kompres Hangat pada Dinding Abdomen Pasien Thypoid di RSI Siti Hajar Sidoarjo. Karya Tulis. STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto.

Suprapto. 2015. Efektifitas Pemberian Kompres Hangat Pada Dinding Perut (Abdomen) dengan Pasien Febris. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. Vol. 1 No. 1.

Tasnim. 2014. Efektifitas Pemberian Kompres Hangat Daerah Temporalis dengan Kompres Hangat Daerah Vena Besar Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Anak Demam di Ruang Perawatan Anak BPK RSUD Poso. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol. 8. No. 1.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v9i1.1110

Article metrics

Abstract views : 1062 | views : 914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo