PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRESS PSIKOSOSIAL LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA ILOMATA KOTA GORONTALO

Rona Febriyona, Ibrahim Paneo, Nurfalah W K Pomalingo

Abstract


Manfaat relaksasi otot adalah untuk menurunkan ketegangan otot, mengurangi tingkat kecemasan, mengurangi msaslah-masalah yang berhubungan dengan stress, menangani hipertensi, mengurangi gejala fisik, mengurangi sakit kepala, dan mengurangi insomnia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh relaksasi otot progresif terhadap penurunan tangkat stress psikososial lansia. Desain penelitian ini menggunakan pra experimental dengan rancangan one group pre-test post test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 16 lansia. Analisis penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dengan signifikan α = 0,05, hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh relaksasi otot progresif terhadap penurunan tingkat stress psikososial lansia  dengan p = 0,007 < 0,05.


Keywords


Relaksasi Otot Progresif, Psikososial, Tingkat Stres Lansia

Full Text:

PDF

References


Mendoko. F.M., M.K., S.R., (2017). Perbedaan Status Psikososial Lajut Usia yang Tinggal di Panti Wherda Damai Ranomuut Manado dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga di Desa Sarongsong II Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara.

Mahmud. Moh. Ikhsan Mahmud, 2018, Hubungan Psikososial dengan Depresi pada Lansia di Panti Werdha Ilomata Kota Gorontalo, Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Skripsi.

Nur Afni Daud, 2017, Pengaruh relaksasi benson terhadap penurunan tingkat stres pada lansia di panti tresna werdha ilomata kota Gorontalo, Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Skripsi.

Nur Adiyanti, 2018, Hubungan Tingkat Stres dengan Insomnia pada Lansia di Kelurangan Terban, Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Skripsi.

Nur E.A, Dody S, dan Muslim ABK, 2016. Pengaruh relaksasi otot progresif terhadap tingkat depresi pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di unit hemodialisa RS Telogorejo Semarang.

Notoatmodjo. S, 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam, 2008, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawata, Jakarta : Salemba Medika.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v9i1.1112

Article metrics

Abstract views : 523 | views : 434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo