EFEKTIVITAS HOME VISIT TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU PADA PENDERITA TB PARU DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS TELAGA BIRU

Andi Nuraina Sudirman, Dewi Modjo, Nurhikma Fatmala Sulasni

Abstract


Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh basil mycobacterium tuberculosis yang merupakan salah satu penyakit saluran pernafasan  yang dapat menyerang paru-paru dan bisa menyebar ke setiap bagian tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Home Visit Terhadap Perubahan Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Pada Penderita TB Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga Biru.Desain Penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttes.Responden sebanyak 24 orang. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan pada tingkat pengetahuan sikap dan perilaku sebelum dan sesudah dilakukannya Home Visit dimanadari ketiga variabel yang di uji menggunakan Uji Paired Sample T-Test didapatkan Pengetahuan dengan nilai P=.005 Sikap dengan nilai P=.031 dan perilaku dengan nilai P=.000. Disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Home Visit pada penderita TB Paru.Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat membantu masyarakat dalam menangani penyakit TB paru.


Keywords


Home Visit, Pengetahuan, Sikap, Perilaku,Tuberkulosis Paru.

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (2018). Data Penderita TB Paru pada Tahun 2015-2017.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. (2018). Data Penderita TB Paru pada Tahun 2015-2017.

Lailatul Magfiroh, (2017). Pengaruh Pemberian Edukasi Menggunakan Buku Saku Bergambar Terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita dan pengawasan Minum Obat Tuberkulosis. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5(3) September, (2017).

Manallu H & Sukana B, (2010). Aspek Pengetahuan Sikap dan Perilaku Masyarakat Kaitnya Dengan Penyakit Tuberkulosis Paru. Banten : Media LitbangKesehatan.

Maulidia, (2014). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dan Dorongan Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Berobat Penderita Tuberkulosis Paru di Puskesmas Likupang Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal KESMAS, Vol. 7 No. 4 (2)

Sari,I.D, Rofingatul. M,& Sudibyo. S. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kepatuhan Berobat pada Pasien TB Paru yang di rawat Jalan di RSUD Jakarta. Media litbangkes. Vol.26 No.4 Desember (2016)

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Infodatin Temukan TB Obati SampaiSembuh.www.depkes.go.id diperoleh tanggal 5 November (2018).

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun (2017).www.pusdatin.kemkes.go.id diperoleh 5 Oktober 2018

Puskesmas Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. (2018). Data Penderita TB Paru pada Tahun 2016-2018.

Chairani R, Nurheni, H. 2011. Efektivitas Home Visit Terhadap Perubahan Pengetahuan sikap dan Keterampilan Klien TBC di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Vol.14. No.3

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : ALFABET


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v9i1.1113

Article metrics

Abstract views : 251 | views : 258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo