STUDI EVALUASI PROGRAM JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL) DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN GORONTALO

Zuriyati Muhamad, Rona Febriyona

Abstract


Program Jampersal merupakan Program Pemerintah untuk menurunkan AKI dan AKB sesuai dengan  target MDG’s, dengan harapan meningkatkan cakupan pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan dan pelayanan nifas ibu oleh tenaga kesehatan, meningkatkan cakupan pelayanan bayi baru lahir oleh tenaga  kesehatan, meningkatkan cakupan pelayanan KB pasca persalinan, meningkatkan cakupan penanganan komplikasi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengevaluasi  Program Jaminan Persalinan  (Jampersal)  di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data   dikumpulkan  melalui  focus  group  discussion  (FGD)  dan  Indepth  Interview  (Wawancara Mendalam). Penelitian ini dilakukan terhadap ibu bersalin yang menggunakan jampersal, ibu bersalin yang tidak menggunakan jampersal, bidan yang terlibat dalam pelayanan Jampersal, dan kepala bagian Promosi Kesehatan/Pengelola program Jampesal  Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. Hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar ibu bersalin merasakan kepuasan pada saat bersalin program Jampersal di bidan NP dan RD. Berdasarkan hasil wawancara dengan bidan Desa dan  Bidan  Praktek  Swasta  (BPS)  yang  berjumlah  10  orang,  8  bidan  telah  termotivasi  dan  telah melaksanakan  program jampersal yang merupakan program pemerintah tersebut. Berdasarkan hasil wawancara  mendalam  dengan  Kepala  Bagian  Promosi Kesehatan/pengelola  program jampersal di Dinas Kesehatan Kabupaten  Gorontalo mengatakan bahwa Program Jampersal merupakan Program Pemerintah Kesehatan Nomor 2562/MENKES/PER/XII/2011 yang diciptakan oleh pemerintah sebagai bentuk  dari  tanggung  jawab   pemerintah  dalam  peningkatan  kesejahteraan  masyarakat  dibidang kesehatan Untuk mencapai program  MDGs Point ke-4 dan ke-5. Dinas Kesehatan perlu melakukan suatu  supervisi  sebagai  upaya  untuk  memberikan  pembinaan  dan  pengarahan  dalam  pelaksanaan Jampersal kepada bidan sekaligus mendengarkan keluhan tentang maslah pelaksanaan jampersal dan memberikan  petunjuk  serta  saran  dalam  mengatasi  masalah.  Supervisi  dilakukan  untuk  melihat kendala-kendala yang dihadapi bidan dalam pelaksanaan jampersal.


Keywords


Program Jaminan Persalinan, Evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, dkk,. 2013. Pelaksanaan Program Jamninan Persalinan di Dinas Kesehatan Kabupaten Buol. Jurnal AKK FKM,Universitas Hasanuddin Makassar

Anggorodi Rina. 2006. Dukun Bayi dalam Persalinan Oleh Masyarakat Indonesia. Journal Makara Kesehatan.Vol.13 No.1Juni 2009: 9-14

Arista ., 2012. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dalam Millenium Development Goals (MDGs). Nuha Medika Yogyakarta.

Apriyanti Putri, dkk,. 2011. Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin Tentang Pelayanan Persalinan Program Jampersal di BPM Yulia Kota Semarang. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang.

Departemen Kesehatan Indonesia,. 2012. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.

Diana Irine,. 2009. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Nuha Medika Yoyakarta.

Emzir,.2010. Metode Penelitian Kualitatif dan Analisis Data. PT Rajagrafindo Persada Jakarta.

Hastuti,.2011. Pelaksanaan Program Jaminan Persalinan di Kota Pekanbaru. Jurnal Kesehatan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,. 2011. Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan. Jakarta.

Muninjaya,.2004. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit. Andi Ofset Yoyakarta.

Noorhidayah,.2013. Motivasi Keterlibatan Bidan Praktek Swasta Terhadap Program Jampersal di Kota Banjarmasin Prov.Kalsel. Jurnal Stikes Sari Mulia.

Notoatmodjo Soekidjo,.2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta Jakarta.

Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo,. 2012. Profil Dinas Kesehatan Kebupaten

Gorontalo.

Primanita,.2010. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di PKM dan Jaringannya Peserta Jamkesmas di Kab. Baturaja Barat. Tesis FKM UNS

Wioyono Djoko,.2000. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Vol 1. Airlangga University Press. Surabaya


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v2i1.1134

Article metrics

Abstract views : 350 | views : 392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo