HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAT TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANG RAWAT INAP DI RS TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO

Euis Hidayat, Rini Asnawati

Abstract


The objective of this research is to find out the correlation of health service quality on client’s satisfaction in medical ward at RSTN Kab. Boalemo. This research used descriptive analytics design with cross sectional. The samples are 65 respondents, collecting samples used random sampling technique with chi square statistical test analysis with significant level a (0,05). The research result of five dimensions in health service quality on client’s satisfaction level showed p value of reliability 0,00, guarantee 0,02, conclusive evidence 0,01, empathy 0,01 and responsiveness 0,00. It’s concluded that from five dimensions of health service quality has the correlation on client’s satisfaction level in medical ward of RSTN kab. Boalemo. Every health service must be noticed and give the professional service to increase the quality of service.


Keywords


Health Service Quality, Client’s Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R, 2015. Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi.

Bata, Y,W. 2013. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan Pasien pengguna askes sosial pada pelayanan rawat inap Di rsud lakipadada kabupaten tana toraja. Universitas Hasanudin. Makasar. Skripsi.

Kustiyah, A, E. 2014. Analisis kepuasan pasien rawat inap atas pelayanan rumah Sakit umum kabupaten sragen, GEMA, Th. XXVI/48, 1356-1371.

Nova , R,F. 2010. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Pasien rawat inap pada rumah sakit Pku muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Universitas Sebelas Maret. Skripsi.

Prasojo, R, D. 2016. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan AHASS 0797 Kencanasari 1 Surabaya, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, no. 8, vol. 5, issn : 2461-0593, 1-18.

Profil RSTN Boalemo Tahun (2016). Data Cakupan Indikator Pelayanan Rawat Inap.

Profil Kesehatan Provinsi Gorontalo (2014). Data Cakupan Indikator Pelayanan Di Rumah Sakit Dan Jumlah Tempat Tidur Rumah Sakit Di Gorontalo.

Santoso, S, B, 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Citra Rumah Sakit, Sepuasan Pasien Dalam Rangka Meningkatkan Loyalitas Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang, Diponegoro Journal Of Management, no . 3, vol . 4. Issn (online): 2337-3792, 1-12.

Suhartono, E. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, no. 3, vol. 1, issn : 2502-3780, 175-183.

Tulumang, S, J,et all.2015. Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R. D. Kandou Malalayang – Manado. Jikmu. NO. 2b, VOL. 5. 546-556.

Zainafre, I. 2016. Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan Tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas lamper Tengah kecamatan semarang selatan kota.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v6i2.1171

Article metrics

Abstract views : 174 | views : 222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo