HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK DI TK ANGGREK DESA MALANGO KECAMATAN TALUDITI KABUPATEN POHUWATO
Abstract
Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pengasuhan orang tua berarti mempertahankan kehidupan fisik anak, meningkatkan kesehatannya dan memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan sejalan dengan tahapan perkembangan anak. Salah satu tugas perkembagan anak yaitu pemenuhan kebutuhan akan toilet training. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak di TK anggrek Desa Malango Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Rancangan penelitian menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dan sampel dalam penelitian sebanyak semua orang tua yang anaknya bersekolah di TK Anggrek dengan yang berjumlah 42 yang ditentukan dengan teknik total sampling. Data dikumpul menggunakan observasi dan dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang tua pada Anak 69% berada pada kategori demokratis, tidak demokratis 39 % dan toilet training 59,5% berhasil. Dari hasil penelitian pola asuh demokratis sangat berperan penting pada keberhasilan toilet training. Terdapat hubungan yang bermakna antara Pola Asuh Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak di TK Anggrek Desa Malango Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dengan nilai p value 0,001. Saran kepada orang tua anak di TK Anggrek Desa Malango agar meningkatkan kesiapan orang tua dalam melakukan Toilet Training pada anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, D. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika
Gunarsa, Singgih. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta. PT BPK Gunung Mulia
Hidayat A.A. 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Penerbit Salemba Medika. Jakarta .2006. Kebutuhan Dasar Manusia. Penerbit Salemba Medika. Jakarta.
Liana. 2006. Melatih Anak Mandiri. (oline) www.pikiranrakyat.com. Diakses 23 Oktober 2014
Maryunani. Anik.2010.Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Salemba medika.jakarta
Markam.A.H.2010. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak. Jilid I. Penerbit FK-UI . Jakarta
Notoatmojo. S., 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta Jakarta. Hal.
Nursalam, 2005. Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Penerbit salemba medika. Jakarta
Soetnjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Kedokteran EGC. Jakarta.
Sujarweni V Wiratna, 2014. Metode Penelitian keperawatan. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.
Supardi, S dan Rustika (2013) Buku Ajar metodologi Riset Keperawatan; Jakarta.
Supartini Yupi. SKp. MSc. 2004. Buku Ajar Konsep Keperawatan Anak. Penerbit Buku Kedokteran (EGC). Jakarta.
Tim Fakultas Muhammadiyah Gorontalo. (2014). Pedoman penulisan skripsi mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo.
Warner, Penny & Paula Kelly. 2007. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta: Arcan
Wong. DL. 2003. Keperawatan Pediatrik. Penerbit buku Kedokteran (EGC). Jakarta. Hal 190 – 191.
Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Article metrics
Abstract views : 743 | views : 621Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher: Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo |