HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK DI TK ANGGREK DESA MALANGO KECAMATAN TALUDITI KABUPATEN POHUWATO

Andi Akifa Sudirman

Abstract


Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pengasuhan orang tua berarti mempertahankan kehidupan fisik anak, meningkatkan kesehatannya dan memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan sejalan dengan tahapan perkembangan anak. Salah satu tugas perkembagan anak yaitu pemenuhan kebutuhan akan toilet training. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan   pola asuh orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak di TK anggrek Desa Malango Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Rancangan   penelitian   menggunakan   deskriptif       korelasional   dengan pendekatan  Cross  Sectional  Study.   Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian sebanyak semua orang tua yang anaknya bersekolah di TK Anggrek dengan yang berjumlah  42  yang  ditentukan dengan teknik  total    sampling.  Data dikumpul menggunakan observasi dan dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang tua pada Anak 69% berada pada  kategori  demokratis,  tidak  demokratis  39  %  dan  toilet  training  59,5% berhasil. Dari hasil penelitian pola asuh demokratis sangat berperan penting pada keberhasilan toilet training.  Terdapat hubungan yang bermakna antara Pola Asuh Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak di TK Anggrek Desa Malango Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dengan nilai p value 0,001. Saran kepada orang tua anak di TK Anggrek Desa Malango agar meningkatkan kesiapan orang tua dalam melakukan Toilet Training pada anak.


Keywords


Pola Asuh, Toilet Training, Anak TK

Full Text:

PDF

References


Adriana, D. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika

Gunarsa, Singgih. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta. PT BPK Gunung Mulia

Hidayat A.A. 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Penerbit Salemba Medika. Jakarta .2006. Kebutuhan Dasar Manusia. Penerbit Salemba Medika. Jakarta.

Liana. 2006. Melatih Anak Mandiri. (oline) www.pikiranrakyat.com. Diakses 23 Oktober 2014

Maryunani. Anik.2010.Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Salemba medika.jakarta

Markam.A.H.2010. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak. Jilid I. Penerbit FK-UI . Jakarta

Notoatmojo. S., 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta Jakarta. Hal.

Nursalam, 2005. Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Penerbit salemba medika. Jakarta

Soetnjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Kedokteran EGC. Jakarta.

Sujarweni V Wiratna, 2014. Metode Penelitian keperawatan. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Supardi, S dan Rustika (2013) Buku Ajar metodologi Riset Keperawatan; Jakarta.

Supartini Yupi. SKp. MSc. 2004. Buku Ajar Konsep Keperawatan Anak. Penerbit Buku Kedokteran (EGC). Jakarta.

Tim Fakultas Muhammadiyah Gorontalo. (2014). Pedoman penulisan skripsi mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Warner, Penny & Paula Kelly. 2007. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta: Arcan

Wong. DL. 2003. Keperawatan Pediatrik. Penerbit buku Kedokteran (EGC). Jakarta. Hal 190 – 191.

Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v3i2.1250

Article metrics

Abstract views : 743 | views : 621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo