KETEPATAN PENILAIAN TRIAGE DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN PENANGANAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD M.M DUNDA LIMBOTO

Haslinda Damansyah, Pipin Yunus, Dewanti K Hasan

Abstract


Triage merupakan suatu kegiatan memilih dan memilah pasien yang akan masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD), dari proses memilih dan memilah pasien yang masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) akan di kategorikan kedalam pasien true emergency dan false emergency. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan ketepatan penilaian triage dengan tingkat keberhasilan penangan pasien di ruang Instalasi Gawat Darurat IGD RSUD DR. M.M. Dunda Limboto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan rancangan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan 28 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan ketepatan penilaian triage yang baik pada pasien di Instalasi Gawat Darurat dapat meningkatkan keberhasilan penanganan. Hasil uji statistik didapatkan nilai p value = 0,001 (>0,05), sehingga dapat disimpulkan ada hubungan ketepatan penilaian triage dengan tingkat keberhasilan penanganan pasien di Instalansi Gawat Darurat RSUD MM Dunda Limboto.


Keywords


Instalansi Gawat Darurat, Ketepatan Penilaian, Tingka Keberhasilan, Triage.

Full Text:

PDF

References


Susanti. (2018). Penerapan Response Time Dalam Pelaksanaan Penentuan Prioritas Penanganan Kegawat daruratan Pada Pasien Kecelakaan Di IGD RSD Balung. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember, Vol.6 No.2.

Word Health Organization. (2021). Kegatdaruratan (IGD) Rumah Sakit. WHO.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Gorontalo. Gorontalo.

Maulida dan Khotimah. (2019). Hubungan Response Time Perawat dengan Tingkat Kecemasan Pasien Kategori Triase Kuning di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang. Fakultas Kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp) Volume 3 No.2.

Amandus. Khairina, I., Malini, H., Huriani, E. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengambilan Keputusan Perawat Dalam Ketepatan Triase Di Kota Padang. Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Indonesia. Indonesian Journal For Health Science Vol.02, No.01.

Maulana. Achmad, A. K., S. A. Winarti, & N. R. Ramdani. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Lama Waktu Tanggap Perawat pada Penanganan Asma di Instalasi Gawat Darurat RSUD Panembahan Senopati Bantul. Jurnal. Universitas Respati Yogyakarta.

Haryatun, (2016). Perbedaan Waktu Tanggap Tindakan Keperawatan Pasien Cedera Kepala Kategori 1 – V di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Moewardi. Berita Ilmu Keperawatan, ISSN 1979-2697, Vol. 1. No.70 2, 69-74.

Sri Muliyati. (20120). Hubungan Karakterisik Perawat dengan Motivasi Kerja dalam Pelaksanaan Terapi Aktifitas Kelompok di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Timur. Jurnal Artikel Ilmu. Kesehatan Vol. 8 No.1 Fakultas Kesehatan MH Thamrin.

Gustia, T. dan Manurung. (2016). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Triase Perawat Pelaksana di Ruang IGD Rumah Sakit Tipe C Malang.Program Studi Magister Keperawatan Universitas Briwijaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 12, No.3.

Merlin Domili. (2016). Hubungan Jumlah Kunjungan dengan Ketepatan Pelaksanaan Triase di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Manado: Program studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Haryatun S. Sumarno, M. S. S. (2013). Hubungan Ketepatan Pelaksanaan Triase dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUP Praf. Dr. R. D. Kandou Manado. Fakultas Kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 No.1.

Nursalam. (2013). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v9i2.1375

Article metrics

Abstract views : 2047 | views : 1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo