POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENDAMPINGAN PEMBELAJARA NANAK USIA PRASEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD MENARA ILMU LIMBOTO

Muryati Rokani, Dewi Modjo, Indriyani Abunio

Abstract


Pendampingan orang tua dalam pembelajaran anak adalah upaya orang tua untuk menemani, memberikan bantuan dalam mengawasi masalah anak dalam belajar, memberikan dorongan, motivasi, dukungan dan memberikan fasilitas kepada anak agar semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pendampingan Pembelajaran Anak Usia Prasekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PAUD Menara Ilmu Limboto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan analisis data  menggunakan Chi Square dengan tingkat kemaknaan (α=0,05). Hasil penelitian menunjukan pola asuh orang tua kategori kurang sebanyak 19 responden (43,2%) dengan pendampingan pembelajaran kategori optimal sebanyak 16 responden (36,4%). Hasil uji statistik didapatkan p=0,000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan pola asuh orang tua terhadap pendampingan pembelajaran anak usia prasekolah pada masa pandemi covid-19.

Keywords


Pola Asuh Orang Tua, Pendampingan Pembelajaran, Anak Usia Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED : journal of Early Childhood Education and Development, Vol.2(2)97-108. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.915

Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Copyright. (2021). Jumlah Satuan Pendidikan (Semua) Menurut Status Verval Proses Belajar Mengajar Tiap Kecamatan di Kabupaten Gorontalo. Pusdatin. Setjen. Kemendikbud

Copyright. (2021). Jumlah Satuan Pendidikan (Semua) Menurut Status Verval Proses Belajar Mengajar Tiap Kab/Kota di Provinsi Gorontalo. Pusdatin. Setjen. Kemendikbud

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433-2441.

Hanura. A. F. R. D. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Pelangi II. Skripsi: Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. Kepustakaan: 34 (2002-2016).

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1). http://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.54

Windi, R. J. L. (2018). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi : S1 PGSD

Yuliana, Y. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19) : Sebuah Tinjauan Literarur. Wellnes And Healthy Megazine, 2(1), 187-192.

Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1138–1150.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v10i1.1666

Article metrics

Abstract views : 182 | views : 114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo