MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI RUANG RAWAT INAP INTERNA RSUD dr.HASRI AINUN HABIBIE PROVINSI GORONTALO

Euis H. Hidayat, Rini Asnawati, Indo Maryam Rusdin

Abstract


Covid-19berdampak pada mutu pelayanan rumah sakit sehingga tidak semua rumah sakit di indonesia memiliki kualitas dan kuantitas yang sama karena berbagai keterbatasan, mutu pelayanan rumah sakit sangat penting karenan mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi 366 pasien, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan sebanyak 55 responden. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian mayoritas responden menilai mutu pelayanan keperawatan dimasa pandemi covid-19 kategori baik dengan kepuasan pasien dimasa pandemi covid-19 kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di masa pandemi covid-19 dengan p value 0.0001 (p<0,05) yang berarti Ho di tolak

Full Text:

PDF

References


Ulfah, A., & Darmawan, E. S. (2020). Analisis Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Praktik Mandiri Bidan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Forum Ilmiah Tahunan (FIT) …, April, 25–26.

Mudayana, A. A. (2020). Rumah Sakit Siap Hadapi Pandemi Covid-19. NewsUAD. https://news.uad.ac.id/rumah-sakit-siap-hadapi-pandemi-covid-19/

Wulandari, A. (2018). Analisis kepuasan pasien terhadap pengendalian mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit haji makassar. Skripsi, 20–22.

Astuti, P. P. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di RS PKU Muhammadiyah Bantul. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Skripsi.

Guna, D., Sebagian, M., Mencapai, S., Sarjana, G., Studi, P., & Keperawatan, I. (2019). Di Rs Pku Muhammadiyah Disusun Oleh : Dewi Wulandari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘ Aisyiyah Yogyakarta

Widiasari, W., Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43–52.

Yossy, C. E., Herman, & Hendra. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Kabupaten Bengkayang Tahun 2018. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tanjungpura, 58(12), 7250–7257.

Delima, R., Prof, R., Manado, R. D. K., Nurani, D., Kaseke, M. M., & Mongan, A. E. (2021). Dampak Pandemi Coronavirus Disease -19 terhadap Mutu Pelayanan kemoterapi diRuang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. 9(28), 412–423.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Cynthia silsilia tailaso. (2018). Hubungan Muti Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Bahu Kota Manado. Hubunga Mutu Pelayanan Kesehatan Denga Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado, 7, 1–10.

Kustriyani.M, T.S, W., & Sumbogo.F.S. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kpuasan Pasien di Rumah sakit Ruang Rawat Inap Kelas III. Journal Nursing, X(2).

Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45.

Krisnawati, T., Utami, N. W., & Lasri. (2017). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News, 2(2), 314–320.

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas.Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149.

Ritonga, N. (2018). Hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Rantau Prapat Kab.labuhan ratu 2017. Universitas Sumatera Utara. Skripsi, 4–16.

Mubin, M. F., & Jalal, A. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Journal Of Holistic Nursing Science, 1(2), 1–7.

Wira, D., Suarjana, & Wijaya, G. (2014). Hubungan antara Persepsi Daya Tanggap dan Persepsi Empati dengan Kepuasan Pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Public Health and preventive medicine archive, 2(2), 150–155

Anwar, K. (2017). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien rawat inap pku muhammadiah bantul yogyakarta skripsi.

Hidayatullah, M. S. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1), 62–73.

Rini Handayani. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Yang Dipersepsikan Keluarga Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Di Ruang Rawat Inap Anak RSUD Dr. Adnaan Wd Payakumbuh Tahun 2019. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Yuni Triwardani. (2017). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien BPJS pada Pelayanan Di Puskesman Pamulang.

Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52.

Septiani. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sumedang. vol 7 no.1.

Natassa, J. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 7(2), 93–98.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v10i1.1673

Article metrics

Abstract views : 471 | views : 282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo