PELAYANAN PRIMA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP INTERNA RSUD dr. HASRI AINUN HABIBIE PROVINSI GORONTALO

Arifin Umar, Pipin Yunus, Sartika Blongkod

Abstract


Pelayanan prima ialah suatu usaha untuk melayani kebutuhan orang lain dengan memberikan yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan prima dengan tingkat kepuasan pasien. Metode penelitian ini yaitu deskriptif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Hasil penelitian ini adalah responden yang menilai pelayanan prima kategori prima sebanyak (45,5%) responden, kategori cukup prima sebanyak (54,5%) responden. Kepuasan pasien kategori puas (45,5%) responden  dan kategori cukup puas sebanyak (54,5%) responden. Hasil menunjukan ada hubungan antara pelayanan prima dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap interna RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo

Keywords


Kepuasan Pasien, Pelayanan Prima, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Asih dkk Pribadi. 2020. “Persepsi Perawat Terhadap Upaya Pelayanan Prima Di Rumah Sakit.” Holistik Jurnal Kesehatan 14 (2): 310–20. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i2.1401.

Aziz, Abdul. 2012. “Pelayanan Keperawatan Prima Di RSUP DR . M . DJAMIL PADANG Tahun 2012,” 1–21.

Husaeni dkk, s. 2020. “Aspek Spiritualitas Dalam Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pasien.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 12 (2): 960–65. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.445.

Ismainar Hetty, 2015. “Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit”.126-127.

Irwandi,2019. “Efisiensi dan Produktifitas Rumah Sakit,Teori dan Aplikasi Pengukuran Dengan Pendekatan Envelopment Analysis”.

Irawati, Agustin Diyah. 2017. “hubungan penerapan pelayanan prima (service excellent) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit umum daerah dr.sayidiman magetan tahun 2017.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Jumlah, Abstrak, Rsud Labuang, Baji Makassar, Rsud Labuang, Baji Makassar, Tanggung Jawab, Rsud Labuang, et al. 2017. “Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar The Effect of Implementation of Excellent Service on The Satisfaction of Outpatients at The Labuang Baji Hospital , Makassar Program Studi Administrasi Rumah Sakit , ,” 30–44.

Kelana, Muhammad Tria. 2015. “Muhammad Tria Kelana Nim i 31111030.”

Mishbahuddin, 2020.”Meningkatkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit”. 11-12

Mu’ah,2014. “Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien”.

Nasional, Seminar, Terapan Riset, Humanities Isas, and Publishing Vol. 2020. “pengaruh service quality terhadap customer loyalty rumah sakit di kota tangerang Ilham Ghazali Munandar Program Studi Manajemen , Universitas Pembangunan Jaya , Jl . Cendrawasih Raya Blok B 7 / P , Ciputat , Tangerang Selatan 15413 pendahuluan Industri Ja” 6 (2): 311–19.

Novianty, 2020. “Faktor Pelayanan Yang Profesional Terhadap Kepuasan Pasien”-3

Oini, Omy, Renata Komalasari, and Shinta Yuliana Hasibuan. 2017. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Unit Rawat Inap.” Nursing Current 5 (2): 50–60.

Pemerintah, Milik, and D I Jawa. n.d. “Pelayanan Prima Pada Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Di Jawa” 3: 55–72.

Perwita, Febri Diah, Christyana Sandra, and Ragil Ismi Hartanti. 2020. “The Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember.” Ikesma 16 (1): 27. https://doi.org/10.19184/ikesma.v16i1.16925.

Rohayani, Lilis, Iin Inayah, Anisa Shofiyani Shoumi, and Andria Pragholapati. 2020. “Pelayanan Prima Perawat Berdasarkan Persepsi Pasien Di Ruang Rawat Inap Talaga Bodas (Penyakit Dalam Pria Kelas 3) Rumah Sakit Tingkat II 03.05.01 Dustira Cimahi 2019.” Journal of Health Science 5 (1): 42–46.

Saputra, Muhamad Ganda, Ari Kusdiana, and Intan Yuniar. 2020. “Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Muhammadiyah Lamongan,” no. x: 0–6.

Simamora, Roymond H, Jenni Marlindawani Purba, Evi Karota Bukit, and Nurbaiti. 2019. “Penguatan Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Asuhan.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3 (1): 25–31.

Toruan, Eka Masi Lumban. 2017. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta),” 4–16.

Ula, Vivi Rohmatul, Ardiasyah Ahsanul Hayat, and Kepuasan Pasien. n.d. “pelayanan prima dan trust pasien,” 46–56.

Widiasari, Widiasari, Hanny Handiyani, and Enie Novieastari. 2019. “Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit.” Jurnal Keperawatan

Yusti, Meilawati Yonik, and Octavian Endriar. 2019. “Evaluasi Operasional Sistem Pengelolaan Limbah Padat Medis Di Rumah Sakit Garut.” Envirosan 2: 1–6


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v10i1.1801

Article metrics

Abstract views : 406 | views : 194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo