PENGARUH METODE SIMULASI BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) HENTI JANTUNG TERHADAP KETERAMPILAN DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA

Mita Farilya, Seftiani Utami

Abstract


Kejadiaan Out of Hospital Cardiac Arrest (OHCA) menjadi masalah global dengan angka kematian yang tinggi. Jumlah angka OHCA yang diberikan bantuan hidup dasar lebih besar dilakukan oleh bystander dan terbukti dapat meningkatkan angka harapan hidup. Tempat pendidikan memberikan akses yang lebih besar dalam penyebarluasan pengetahuan tentang bantuan hidup dasar sehingga dapat meningkatkan angka bystander. Hal tersebut menjadi dasar diperlukannya pemberian pembelajaran bantuan hidup dasar henti jantung dengan metode yang efektif pada mahasiswa. Tujuan: Mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi bantuan hidup dasar terhadap keterampilan dan efikasi diri mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel mengunakan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sejumlah 20 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan SPSS. Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan dan efikasi diri melakukan BHD metode simulasi dengan pvalue 0,018. Kesimpulan: Terdapat peningkatan keterampilan dan efikasi diri mahasiswa setelah diberikan pembelajaran metode simulasi BHD.

Keywords


Basic Life Support (BHD), bystander, Out of Hospital Cardiac Arrest (OHCA), simulation.

Full Text:

PDF

References


Akhu-Zaheya, L. M., Gharaibeh, M. K., & Alostaz, Z. M. (2013).Effectiveness of simulation on knowledge acquisition,

knowledge retention, and self-efficacy of nursing students in Jordan. Clinical Simulation in Nursing, 9(9), e335–e342.

Aqel, A. A., & Ahmad, M. M. (2014). Highfidelity simulation effects on CPR knowledge, skills, acquisition, and retention in nursing students. Worldviews on Evidence-Based Nursing, 11(6), 394–400.

https://doi.org/10.1111/wvn.12063

Banfai, B., Pek, E., Pandur, A., Csonka, H., & Betlehem, J. (2017). „The year of first aid‟: effectiveness of a 3-day first aid programme

for 7-14-year-old primary school children.Emergency Medicine Journal, 34(8), 526 LP532.https://doi.org/10.1136/emermed2016-206284

Benjamin, E. J., Virani, S. S., Callaway, C. W., Chamberlain, A. M., Chang, A. R., Cheng,S., Chiuve, S. E., Cushman, M., Delling, F.

N., Deo, R., De Ferranti, S. D., Ferguson, J. F., Fornage, M., Gillespie, C., Isasi, C. R., Jiménez, M. C., Jordan, L. C., Judd, S. E.,

Lackland, D., …Muntner, P. (2018).Heart disease and stroke statistics - 2018 update:A report from the American Heart Association. In Circulation(Vol.137,Issue12).https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000000558

Beskind, D. L., Stolz, U., Thiede, R., Hoyer, R., Burns, W., Brown, J.,Ludgate, M., Tiutan, T., Shane, R., McMorrow, D., Pleasants, M.,

& Panchal, A. R. (2016). Viewing a briefchest-compression-only CPR videoimproves bystander CPR performance andresponsiveness in high school students: A cluster randomized trial. Resuscitation, 104, 28–33

https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2016.03.022

Bhanji, F., Aaron, J., D., S., W. M., E., F. G., P.,H. L., M., B. J., H., S. E., & Adam, C.(2015). Part 14: Education. Circulation,132(18_suppl_2), S561–S573.https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000000


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v11i1.2422

Article metrics

Abstract views : 58 | views : 22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo