INTERPROFESSIONAL COLLABORATIVE PRACTICE DI RUMAH

Lailya Khusna, Sitti Rahma Soleman

Abstract


Pendahuluan : Interprofesional education (IPE) merupakan suatu pendekatan yang melibatkan 2 atau lebih interprofesi kesehatan yang secara aktif berkontribusi dan berkolaborasi dalam memahami peran dan tanggung jawab profesi didalam area universitas  yang selanjutnya berkembang didalam wilayah praktik melalui interprofesional education – collaboration practice (IPCP). IPE bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa kesehatan didalamnya untuk mampu  berkolaborasi secara terarah dengan interprofesi lain sedangkan (IPCP) diarea praktik klinik bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehat-sakit. Tujuan : Literature review ini bertujuan untuk memberikan rencana penerapan IPE di area kerja Rumah Sakit dengan menggunakan pendekatan IPCP.   Metode : pencarian Literature dilakukan melalui database referensi PUBMED, SAGE, Science Direct dan google scholar. Dengan memasukkan kata kunci dan menghubungkannya melalui operator BOOLEAN. 11 referensi yang didapat terdiri atas 4 referensi guide tools dan buku elektronik dan 7 jurnal. Hasil : IPE maupun IPCP mampu menjadi strategi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun, hal ini dapat dicapai dengan kontribusi dari berbagai macam pihak, mulai dari stake holder hingga pelaksana. Hambatan yang ada mampu ditekan jika kebijakan yang dibuat memiliki kekuatan untuk mengatur dan membatasi aktivitas yang bukan wewenang interprofesi. Simpulan: Hambatan yang terdapat di rumah sakit dapat diupayakan untuk dikurangi melalui berbagai macam strategi seperti IPCP. Sehingga, hasil akhirnya adalah pelayanan Kesehatan yang semakin prima. 

Keywords


interprofesional education, interprofesional education collaboration practice.

Full Text:

PDF

References


AHRQ. (2013). TeamSTEPPS 2.0 Pocket Guide: Team Strategies & Tools to Enhance Performance and Patient Safety. Pocket Guide, 1–36. Retrieved from papers2://publication/uuid/38BAB1FF-5438-4664-889C-6609DAA23E1A

Archibald, D., Trumpower, D., & MacDonald, C. J. (2014). Validation of the interprofessional collaborative competency attainment survey (ICCAS). Journal of Interprofessional Care, 28(6), 553–558. https://doi.org/10.3109/13561820.2014.917407

Buring, S. M., Bhushan, A., Broeseker, A., Conway, S., Duncan-hewitt, W., Hansen, L., & Westberg, S. (2009). Ingresantes hasta 2015-2 (PU), 73(4). https://doi.org/10.5688/aj730459

Grover, A. B., Lim, A., & Hadley, D. E. (2016). Interprofessional education and the new educator: Getting started with planning and implementation. American Journal of Health-System Pharmacy, 73(13), 950–955. https://doi.org/10.2146/ajhp150322

Interprofessional Education Collaborative Expert Panel. (2011). Core Competencies for Interprofessional Collaborative Practice: Report of an Expert Panel. Washington D.C.: Interprofessional Education Collaborative, (May), 1351. https://doi.org/10.1097/ACM.0b013e3182308e39

Lisum, K., Pasaribu, J., Indiyah, S., Kedokteran Unika Atma Jaya, F., -indonesia, J., & Tinggi Ilmu Kesehatan, S. (2017). Efektivitas Modul Komunikasi Interprofesional Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Dan Keperawatan. Efektivitas Modul Komunikasi Interprofesional Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Dan Keperawatan, 6(3), 163–170.

Position, C. N. A. (2011). INTERPROFESSIONAL COLLABORATION, 9.

Prof. Dr. Nursalam, M. N. (Hons). (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan, 1–564.

Smego, R. (2010). Interprofessional education: a concept analysis. Advances in Medical Education and Practice, 75. https://doi.org/10.2147/AMEP.S13207

Tim CFHC-IPE. (2013). Buku Acuan Umum CFHC-IPE. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1–119.

WHO. (2010). Human Resources for Health Framework for Action on Interprofessional Education & Collaborative Practice. Practice, WHO/HRH/HP, 1–64. https://doi.org/10.1128/JVI.76.8.4044


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/zijk.v11i2.2515

Article metrics

Abstract views : 120 | views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Publisher:

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo  Jl. Prof Mansoer Pateda Ds Pentadio Timur Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo