Penerapan Teknologi Web Paperless Office Pada Sistem Informasi Manajemen Organisasi Mahasiswa

Mohamad Firmansyah Daud, Syahrial Syahrial, Rubiyanto Maku

Abstract


Penelitian ini dilakukan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk merancang dan membangun sistem informasi manajemen organisasi mahasiswa berbasis web. Sistem ini menerapkan konsep paperless office (PLO) yang bertujuan mengurangi penggunaan kertas dalam aktifitas kegiatan organisasi. Sistem yang dikembangkan untuk beberapa pengguna, yaitu: akademik, ketua Ormawa, Wakil rektor kemahasiswaan, dan ketua bidang. Dukungan PLO pada pengajuan rencana program kerja, persetujuan, dan pelaporan. Ormawa didaftarkan oleh bagian akademik, lalu ketua Ormawa mendaftarkan ketua bidang masing-masing. Ormawa memasukkan rencana program kerja di sistem. Rencana program kerja selanjutnya diperiksa dan disetujui oleh wakil rektor. Pelaporan dimasukkan oleh Ormawa berupa dokumentasi dan laporan kegiatan. Seluruh rangkaian proses bisnis organisasi mahasiswa dikerjakan tanpa menggunakan kertas. Sistem dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi web sehingga dapat diakses dimana saja.


Keywords


Aplikasi Web Paperless Office, Sistem Informasi, Organisasi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


A. R. Hidayat, T. Listyorini dan T. Khotimah, “Aplikasi Manajemen Unit Kegiatan Mahasiswa pada Universitas Muria Kudus Berbasis Web,” dalam SNATIF Ke-2, 2015.

M. Dinar dan Fathahillah, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Lembaga Penelitian UNM,” dalam Seminar Nasional Pascasarjana, Makassar, 2019.

S. Fransisca dan R. N. Putri, “Pemanfaatan Teknologi Rfid Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D),” Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, vol. 1, no. 1, pp. e-issn: 2685-656, 2019.

L. Ummu dan R. A. Triyono, “ancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pendonoran Darah Pada Udd PMI Kabupaten Pacitan,” Indonesian Jurnal on Computer Science, vol. 10, no. 2, p. 48–56, 2013.

Syahrial, “Sistem Informasi Poliklinik Terpadu,” Juz Data: Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 24-31, 2017.

Yurindra, Software Engineering, Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama), 2017.

I. Samsudin dan M. Muslihudin, “Implementasi Web Government Dalam Meningkatkan Potensi Produk Unggulan Desa Berbasis Android,” JTKSI, vol. 1, no. 2, p. 10–16, 2018.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/juik.v2i1.1512

Article metrics

Abstract views : 340 | views : 184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUIK (Jurnal Ilmu Komputer)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.