SISTEM INVENTARISASI ASET UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO BERBASIS WEB

Muhamad Masri, Mohamad Ilyas Abas, Wahyudin Hasyim, Irawan Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi inventaris aset berbasis web agar dapat memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh pihak pegawai perlengkapan Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Sistem ini akan membantu melakukan penataan aset yang dimiliki secara rapi, tepat serta efisien, baik dari segi waktu, tenanga maupun biaya. Dimana sistem yang akan dirancang mempunyai fasilitas untuk mengelompokkan aset, memasukkan jumlah aset, keterangan maupun kondisi dari aset. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni prototype karena yang memudahkan proses perancangan mulai dari Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction of Prototype, sampai dengan Deployment Delivery & Feedback. Hasil dari peneltian ini dapat mempermudah kinerja bagian perlengkapan dalam pendataan aset secara digital dan lebih rapi sesuai tujuan yang diharapkan.


Keywords


Aset, Sistem inventarisasi aset, UMGO, Prototype

Full Text:

PDF

References


Perancangan Sistem Informasi Permintaan Barang Berbasis Web Pada Rumah Sakit Umum Cut Meutia Kota Lhokseumawe. Techsi - Jurnal Penelitian Teknik Informatika.

Easy & Simple Web Programming (P. 217).

Desain Dan Implementasi Aplikasi Inventaris Alat Praktikum Pada Laboratorium Berbasis Android Dan Qr Code. Prosiding Seminar Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani Expo (Unex) I, 45.

Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Sekolah Menggunakan Teknik Labelling Qr Code (Studi Kasus: Man 2 Model Pekanbaru). 2(2), 127136.

Aplikasi Pemesanan Kamar Serta Pengelolaan Data Kamar Secara Mobile Pada Hotel Le Beringin. 123140.

Analisis Data Dengan Menggunakan Erd Dan Model Konseptual Data Warehouse. 7185.

Buku Ajar Konsep Dasar Pemrograman Website Dengan Php.

Imbiri, J., Rofingatun, S., & Pangayow, B. J. . (2008). Pengaruh Inventarisasi, Pembukuan Dan Pelaporan Aset Terhadap Akuntabilitas Publik Pemerintah Daerah (Studi Pada Kabupaten Waropen). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 3462. Http://Ejournal.Maksi-Uncen.Ac.Id/Index.Php/Maksi/Article/View/8

Aplikasi Sistem Informasi Pada Jasa Usaha Laundry. Jurnal Sistem Informasi Pada Jasa Usaha Laundry Berbassi Web, 2(04204055), 111.

Sistem Ujian Online Tes Masuk Universitas Ubudiyah Indonesia Bagi Calon Mahasiswa Baru Berbasis Web Menggunakan Ci ( Code Igniter ) Online Exam System Ubudiyah Indonesia University Entrance Test For Prospective Web-Based New Students Using Ci ( Code Ignit. 6(2), 2840.

Sistem Informasi Inventaris Desa Berbasis Web. Electronic These And Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21.

Software Engineering.

Sistem Informasi Manajemen Aset Dan Inventaris Menggunakan Qr Code Di Kantor Camat Petang. Jurnal Ilmu Komputer Dan , 1(1), 2126. Http://Ejournal.Uhb.Ac.Id/Index.Php/Ikomti/Article/Download/508/460

Tiara, K., Kom, S., Kusumah, H., Kom, S., Putri, D. M., Stmik, D., Tangerang, [13] Penerapan Manajemen Aset Dengan Mapyourtag Pada Perguruan Tinggi. 3(1), 91109.

Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/juik.v2i2.1712

Article metrics

Abstract views : 343 | views : 278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komputer (JUIK)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.