Al-Ilāqah baina Hifẓi al-Amṡilah al-Taṣrīfīyah wa Mahārati al-Qirāah li Ṭullābi al-Faṣl al-Ṡāliṡ fī al-Madrasah al-Dīniyah bi al-Ma’had al-Islamiy Rauḍati al-Qur’ān “Dāru al-Fallāh al- Ṡāliṡ” Jombang

Lathifa Nur’Ain, Lailatul Qomariyah

Abstract


Sharf  merupakan salah satu cabang ilmu dalam pembelajaran bahasa Arab. Menurut etimologi kata, Sharf  memiliki arti berubah. Sedangkan menurut terminologinya, Sharf  mempunyai arti mengubah satu bentuk ke bentuk yang lain untuk memperoleh makna yang diinginkan. Kitab al- amtsilah at-tashrifiyyah adalah sebuah buku yang ditulis oleh Syekh Muhammad Ma’sum bin Ali, yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Seblak, Jombang. Buku ini memuat perubahan berupa perubahan kalimat dengan bobot yang runtut dan berbeda. Tujuan pembelajaran Sharf  menggunakan kitab amtsilah at-tashrifiyyah adalah agar siswa mampu memahami isi buku dan membantu siswa mengembangkan kemampuannya mengolah kata dari satu bentuk ke bentuk lain, serta memahami makna kata sesuai dengan bentuk yang ada. Kitab amtsilah at-tashrifiyyah diajarkan di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Darul Falah 3, Jombang dengan menggunakan metode induktif, deduktif dan menghafal. Pembelajaran kitab amtsilah at-tashrifiyyah di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Darul Falah 3, Jombang diharapkan dapat membantu santri dalam meningkatkan kemampuan tata bahasa dan keterampilan membaca terkhusus dalam membaca kitab kuning. Berdasarkan hasil uji analisis hubungan antara hafalan amtsilah at-tashrifiyyah santri dengan keterampilan membaca santri dengan menggunakan uji spearman pada SPSS didapatkan hasil sig 0,295 dimana nilai tersebut lebih dari margin of error yaitu 0,05 yang artinya H0 diterima atau dengan kata lain tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hafalan amtsilah at-tashrifiyyah santri dengan keterampilan membaca santri. Didapatkan juga hasil koefisien korelasi sebesar 0,218 nilai tersebut menunjukkan bahwa korelasi antara hafalan amtsilah at-tashrifiyyah santri dengan keterampilan membaca santri sangat rendah. Berdasarkan nilai tersebut juga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedua varibelnya bersifat satu arah.


Keywords


Hafalan amtsilah at-tashrifiyyah; maharah qiro'ah

Full Text:

PDF

References


Al-Ghulayni, Mustafa. 1992. tarjamah Jami’ud durus Arabiyyah. Semarang: CV. Asy-Syifa.

Asrosi, Imam dkk. 2019. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT.

Dodi. Limas. 2013. Metode Pembelajaran Nahwu Shorof. Jurnal Tafaqquh. Vol. 1. No. 1.

Fatimah. Siti. Dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Maharah Al-Qira’ah Bagi Siswa-Siswi Kelas VII-K Melalui Pembelajaran Inquiri Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan: Proceeding Of International Conference On Islamic Education: Challenges In Technology And Literacy Faculty Of Education And Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Vol. 4.

Kementrian Agama RI. 2014. Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Kementrian Agama RI: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Nurbayan, Yayan. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zein Al Bayan.

Nursa’adah. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan… Jurnal Formatif. Vol. 4. No. 2.

Sarwono. Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siyoto. Sandu, 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: literasi media publishing.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

W. Agung dan Zarah P. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandva Buku,

Wahab. Abd. dan Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

إبراهيم محمد علي حراحشة. 2007. المهارات القرائية و طرق تدريسها بين النظرية و التطبيق. دار الخزامي للنشر و التوزيع.

الإمام بورهان الدين الإسلام الزارنوجي، ألالا

محمد فاضل السامري. 2013. الصرف العربي أحكام و معان، بروت: دار ابن كثير.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.11.1.261-273.2022

Article metrics

Abstract views : 128 | views : 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lailatul Qomariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter