Evaluasi Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SMP Negeri 1 Pallangga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Kebijakan Sistem Kelas Dinamis Lengkap (SKTB) dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Kebijakan Sistem Kelas Lengkap Berkelanjutan (SKTB) Di SMP Negeri 1 Pallangga. Metode Penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan informan sebanyak 6 orang yang dipilih berdasarkan pandangan bahwa informan memiliki pengetahuan dan informasi mengenai permasalahan yang diteliti yaitu : Sekretaris Dinas Pendidikan 1 Orang, Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pallangga 1 Orang, Guru SMP Negeri 1 Pallangga 2 orang, dan Siswa SMP Negeri 1 Pallangga 2 orang. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa :Observasi dan Dokumentasi dan dikembangkan wawancara terhadap informan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa Evaluasi Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Di SMP Negeri 1 Pallangga, dari beberapa indikator yaitu indikator efektivitas, indikator kecukupan dan indikator ketetapan sudah dilaksanakan sesuai Visi Misi SMP Negeri 1 Pallangga, sedangkan faktor pendukung dalam evaluasi kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Di SMP Negeri 1 pallangga adalah, Pihak sekolah merespon dengan baik program SKTB, Sedangkan faktor penghambatnya adalah Modul dan kurangnya pemahaman Guru dan Siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustino, Leo. (2006). Dasar-dasar kebijakan publik. Bandung: Alfabeta
Akbar,MF. (2016). Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah. JAKPP UNHAS. 2(1),47-64
Akbar,MF, Mohi,WK. (2018). Studi Evaluasi Kebijakan (Evaluasi Beberapa Kebijakan di Indonesia). Gorontalo : Ideas Publishing
AR.Mustopadidjaja. (2002). Manajemen Proses Kebijakan Publik Formulasi Implementasi dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: LAN
Basri, M. (2011). Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).
Harakan, A. (2017). Efektivitas pelaksanaan kebijakan sistem kelas tuntas berkelanjutan di kabupaten Gowa. ARISTO, 5(1), 101-109.
Luankali, Bernadus. (2007). Analisis Kebijakan Publik dalam proses pengambilan keputusan. Jakarta : Amelia.
Mattewakkang, Anugrah. (2014). Persepsi Guru SMA Negeri 1 Bontomarunnu Tentang Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan di Kabupaten Gowa. Jurnal Sosialisasi 1, (1).
Mustari, Nuriyanti, (2005). Pemahaman Kebijakan Publik. Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakarta : PT Leutika Nouvalitera.
Mustari, Nuryanti, (2013). Implementasi Kebijakan Publik. Pemahaman Teoritis, Empiris. Jakarta: Membumi Publishing.
Putra, Fadillah. (2003). Paradigma Kritis dalam studi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Winarno, Budi. (2008). Teori Kebijakan Publik, teori,proses dan studi kasus. Jakarta : CAPS.PT. Buku Seru
Article metrics
Abstract views : 752 | views : 700Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mujizatullah Mujizatullah
View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.