Transparansi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Mamuju
Abstract
Transparansi pelayanan sangat penting bagi instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik, karena dengan adanya transparansi pelayanan terhadap masyarakat/pelanggan dapat dengan mudah mengetahui informasi atau akses tentang prosedur-prosedur dalam pelayanan yang diberikan olen instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan menggambarkan, mengukur, dan menganalisa transparansi pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif (mix method). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi terhadap informan yang terlibat langsung dalam pelayanan IMB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan transparansi pelayanan IMB Kabupaten Mamuju belum sepenuhnya diterapkan dalam dimensi-dimensi transparansi yang diharapkan oleh masyarakat. Masih terdapat beberapa aspek yang harus diinformasikan secara jelas dan tepat kepada masyarakat terutama dari segi manajemen penyelenggaraan pelayanan, persyaratan teknis dan administrasi, waktu penyelesaian pelayanan, pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab, janji pelayanan, lokasi pelayanan, dan standar pelayanan. Adapun aspek yang telah memenuhi dimensi-dimensi transparansi, yaitu prosedur pelayanan, biaya pelayanan dan informasi proses konsultasi/pengaduan pelayanan sudah memberikan informasi yang jelas, tepat, dan mudah dipahami.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brannen Julia. (2005). Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dunan Bernadus. (2011). Transparansi Pelayanan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ambon. Thesis MAP UNHAS.
Dwiyanto Agus. (2008). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: gajah Mada Univertity Press.
Frederickson George H. & Smith B.Kevin. (2002). The Public Administration Theory Primer. USA : Westview Press
Keban Y.T. (2008). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Yogyakarta. Gava media.
Ratminto & Winarsih Atik Septi. (2005). Manajemen Pelayanan, Penerbit Pustaka Pelayaran. PT. Yogyakarta
Ratminto & Winarsih Atik Septi. (2014). Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter, dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutopo & Suryanto Adi. (2003). Pelayanan Prima, Penerbit Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi, Mixed Methods. Bandung, CV. Alfabeta.
Smith Rex Deighton. (2004). Regulatory Transparency in OECD Countries: Overview, Trends a,d Challengers. Australian: Jurnal of Publik Administration. 63: 66-73
Article metrics
Abstract views : 746 | views : 769Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rudi Rudi
View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.