Penguatan Kapasitas Puskesmas Sebagai Organisasi Publik (Kajian dalam Perspektif Teori Organisasi)
Abstract
Banyak masyarakat kita, di pedesaan (baca : kampung-kampung) di Provinsi Papua kurang mendapatkan pelayanan maksimal oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) karena beragam alasan. Sayangnya, keadaan Puskesmas—yang dapat dimaknai sebagai wajah dan citra pemerintah—tidak menunjukkan keadaan yang diharapkan, bahkan nyaris kehilangan daya tarik untuk dikunjungi. Masyarakat lebih memilih berkunjung ke rumah sakit umum daerah (RSUD) atau ke dokter praktek pada sore hari. Keadaan ini memberi penegasan pada buruknya citra Puskesmas. Ada apa di Puskesmas? Pertanyaan ini patut diungkapkan untuk ditemukan ada apa sebenarnya dengan Puskesmas-Puskesmas kita. Tujuan penelitian untuk menemukan akar masalah lemahnya kapasitas puskesmas sebagai organisasi publik dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kajian ini menggunakan metode studi literatur yang didukung dengan data-data dan dokument. Hasil kajian menunjukkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan Puskesmas sebagai basis pelayanan kesehatan masyarakat maka ada dua aspek yang harus dilakukan yakni 1). Penataan Struktur Organisasi Puskesmas dan 2). Melakukan Perubahan Budaya Organisasi. Sebagai simpulan kajian ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu prima kepada masyarakat dapat dimulai dengan optimalisasi tugas dan fungsi Puskesmas sebagai organisasi publik yang diikuti dengan komitmen, kepemimpinan, perubahan cara pandang, pengaturan regulasi, dan kemauan yang kuat untuk memperbaiki kinerja puskesmas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Greenberg Jerald and Roberth A Baron. (2003). Behavior in Organization. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kusdi. (2009) Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta : Salemba Humanika
Miftha Thoha. (2012). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya Jakarta : Radja Grafindo Persada
Provinsi Papua dalam Angka. (2012). Badan Pusat Statistik : Provinsi Papua.
Robbins Stephen. (1998) Teori Organisasi : Struktur Desain dan Aplikasi, Edisi III Jakarta : Arcan
---------------------, dan Timothy A Judge, (2008). Perilaku Organisasi (Organization Behavior) Buku 2 Edisi 12. Jakarta : Person Education dan Salemba Empat
Maniagasi YG. (2014). Perilaku Birokrasi Pelayanan Publik, Studi Kasus Pelayanan Kesehatan pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura (Tesis Magister) Universitas Hasanuddin, Makassar.
Article metrics
Abstract views : 2966 | views : 3442Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yusuf Gabriel Maniagasi
View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.