Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Bulukumba

Subarling Subarling, Andi Rasyid Pananrangi, Syamsul Bahri

Abstract


This article discuss about the level of effectiveness of public services One Stop Investment Service and Integrated Services regarding the management and issuance of Building Permit at Bulukumba Regency. The Office of Investment and Integrated Services (DPMPTSP) with the service unit for the management and issuance of the Buidling Permit is in the category of the most visited by the people in Bulukumba Regency. This condition has an impact on the high frequency of public services that occur in these service units, so it is necessary to know the level of service effectiveness. This study used a survey approach to employees of the Building Permit Service Unit and the community who use the Building Permit service. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique used frequency tabulation and a Likert scale as the rating scale. Overall, the results of this study indicate that the level of effectiveness of public services at the Investment and Integrated Services Office is in the 'Good' category or the 'Effective' category. The conclusion of this study is that basically public services at the Investment and Integrated Services Office have been going well and have received a good response from the community who use Building Permit services even though this still requires maximum efforts from the local government of Bulukumba Regency to improve these services.

Artikel ini membahas tentang tingkat keefektifan pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba terkait pengurusan dan penerbitan IMB. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) dengan unit layanan pengurusan dan penerbitan IMB terkategori paling ramai dikunjungi masyarakat. Kondisi tersebut berdampak pada tingginya frekuensi layanan publik pada unit layanan tersebut sehingga perlu diketahui tingkat efektifitas pelayanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei terhadap pegawai pada Unit Layanan IMB dan masyarakat pengguna layanan IMB tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan tabulasi frekuensi dan Skala Likert sebagai skala penilaian. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektifitas pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu terkategori ‘Baik’ atau terkategori ‘Efektif’. Kesimpulan penelitian ini adalah pada dasarnya pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu telah berlangsung baik dan mendapat respon yang baik dari masyarakat pengguna jasa pelayanan IMB meskipun hal tersebut masih memerlukan upaya maksimal dari pemda Kabupaten Bulukumba untuk meningkatkan pelayanan tersebut.


Keywords


Pelayanan Publik; Birokrasi; Administrasi

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan.

Afriyanni. (2018). Permasalahan Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kota Padang. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(1), 97–108.

Amalo, C. V. (2019). Soda Molek: Efektifitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Naikoten II Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 4(2), 17–29.

Ananda, B. R., Putra, R. E., & Ariany, R. (2019). Inovasi Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pariaman. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(2), 167–179.

Andry, H. (2017). Pelayanan Publik Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Di Kecamatan Mandau Oleh Dinas Tata Kota, Tata Ruang Dan Pemukiman Kabupaten Bengkalis. PUBLIKA, 3(1), 66–79.

Baharuddin. (2015). Akuntabilitas Pelayanan Publik: Studi Kasus Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan di Kota Makassar. MIMBAR, 31(2), 263–270.

Emil, M. (2019). Efektivitas Pelayanan Dengan Sistem Jemput Bola Dalam Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Konawe. Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management), 1(1), 1–12.

Hermansyah, I., & Nurjanah, N. (2003). Pedoman Audit Operasional Atas Tugas dan Kegiatan Unit Kerja BPKP. Eka Wali.

Istiawan, H. (2019). Menkeu Sri Mulyani Sebut Birokrasi Indonesia Masih Berbelit-belit. Jatimnet.Com. https://jatimnet.com/menkeu-sri-mulyani-sebut-birokrasi-indonesia-masih-berbelit-belit

Kadir, A., Muhammad Umran, L. O., Ridwan, H., T;, S., & Udin, U. (2019). Public Service Innovation Model in Indonesia: A Case Study of Kolaka Regency, Southeast Sulawesi. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 10(3), 1837–1849.

KOMPAS, K. (2016). Pelayanan Publik Masih Bermasalah. KPPOD: Komite Pemantauan Pelaksana Otonomi Daerah. https://www.kppod.org/berita/view?id=514

La Bamba, S., Suratman;, & Halim, H. (2015). Institutional Analysis of Village Government at Kolaka District of South East Sulawesi Province. IJISET - International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 2(12), 62–67.

Lovelock, C. (1991). Managing Service Marketing Operation and Human. Resources, (second). Prentice Hall.

Mansyur, S. (2013). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Konsep Administrasi Publik. Jurnal ACADEMICA, 5(1), 965–972.

Megawati;, & Rahmiati. (2019). Efektifitas Pelayanan Terpadu Dalam Perizinan Mendirikan Bangunan Guna Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Hukum Tatanegara (Siyasah Syar’iyyah), q(q).

Mirdawati;, Jamaluddin;, Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). Keefektifan Pelayanan IMB Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik, 8(1), 37–44.

Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102-110.

Mulyadi, H. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Bidang Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun 2018. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 85–103.

Poerwadarminta, W. J. S. (1995). Kamus Umum Bahasa Indonesia. PT. Balai Pustaka.

Reksodiputro, M. (2005). Pembaharuan Hukum Pidana. Citra Aditya Bakti.

Rihardi, S. A., Yusliwidaka, A., & Mazid, S. (2019). Efektivitas Pemerintahan dalam Pelayanan Publik dengan SIKDES (Sistem Informasi Konektivitas Desa) (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). JPALG: Journal of Public Administration and Local Government, 3(1), 70–81.

Risnawan, W. (2017). Fungsi Birokrasi Dalam Efektifitas Pelayanan Publik. DINAMIKA; Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(1), 156–166.

Riyanda, R. (2015). Kualitas Pelayanan Pemerintahan Kota Bukittinggi Terhadap Kebijakan Perda 19/2003 Tentang Imb. Jurnal Cahaya Keadilan, 3(1), 50–65.

Rochmi, M. N. (2018). Pemerintah Daerah menjadi pelayan publik terburuk. Beritagar.Id.Merawat Indonesia. https://beritagar.id/artikel/berita/pemerintah-daerah-menjadi-pelayan-publik-terburuk

Rudi;, Yunus, M., & Saleh, H. A. (2018). Transparansi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Mamuju. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 7(1), 53–68. https://doi.org/10.31314/pjia.7.1.53-62.2018

Ruslan;, Halim, H., Iskandar, A. M., & Zainuddin, R. (2019). Spirituality of Education in Interaction of Lecturer and Student in Learning Arabic Literature. International Journal of Innovation, Creativity and Change., 7(3), 87–101.

Siagian, S. P. (2001). Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Bumi Aksara.

Sikone, F. V., Djani, W., & Libing, Z. S. (2019). Efektivitas Pelayanan Publik Online Pada Badan Pendapatan Dan Aset Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 5(1), 1–15.

Soetomo. (2006). Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Lumbung Pustaka.

Sururi, A. (2019). Mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Pada Organisasi Sektor Publik Kelurahan. Jurnal Natapraja Kajian Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 105–120.

Suwignya, J. W. ., Dengo, S., & Pombengi, J. D. (2018). Efektifitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado. Jurnal Admiinistrasi Publik (JAP), 2(1), 1–8.

Syahruddin, N. I., Adriansyah;, & Prasetyo, A. J. (2020). Penerapan KYPSO Dalam Pelayanan Publik Sebagai Perwujudan New Public Service Paradigm. LEGISLATIF, 3(2), 433–346.

Tahlili, M. H. (2018). The Effect of Public Service Motivation on Integrated Administration Services at District Level of Government. 25(2), 66–75.

Tekege, N. M. I. M. (2015). Efektivitas Pelayanan Publik Di Distrik Sorong Kabupaten, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(1), 112–132.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa (Pertama). Andy Offset.

Toha, M. (1991). Perspektif Perilaku Birokrasi. PT. Bumi Aksara.

Wasistiono, S. (2001). Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah. Alqo Print.

Yonanda, I., Makmur, M., & Adiono, R. (2013). Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dalam Sektor Industri Pariwisata Di Kota Batu (Studi pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(1), 70–78.

Yunus, R. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah (Kasus Pelayanan IMB pada KPTSA Kabupaten Bone). OTORITAS, 1(2), 137–145.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.9.2.89-101.2020

Article metrics

Abstract views : 174 | views : 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Publik (Jurnal Ilmu Administrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.