Kualitas Pelayanan Pegawai di Kantor Camat Dungingi Kota Gorontalo

Yulita K Puluadji, Abdurrahman Pakaya, Lucyane Djafar

Abstract


This research aims at (1) observing the quality of public service in Dungingi subdistrict Office (2) exploring the factors impeded the quality of public service (3) observing the efforts of government to improve the quality of public service. The design of this research is qualitative. This research finds that (1) the quality of public service in Dungingi Office including tangible, reability, responsiveness, assurance, security, and emphaty aspects are running very well. (2) the obstacles in improving the quality of public service are the facilities are still lack ; the service ussualy is not done on time (3) the efforts to solve the obstacles are through providing the facilities and doing open- communication related to the late public service.

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimanakah kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan Dungingi Kota Gorontalo , 2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat kualitas pelayanan public kantor kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, 3) untuk mengetahui bagaimanakah upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Dan jenis penelitiannya adalah kualitatif (Studi Kasus). Penelitian ini menghasilkan: 1) kualitas pelayanan public di Kantor Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo mencakup aspek bukti fisik (tangible). aspek kehandalan (reliability). aspek daya tanggap (responsiveness), aspek jaminan (Assurance) khususnya keamanan di, aspek empati (empathy) menunjukkan bahwa keseluruhan aspek sudah berjalan dengan baik, 2) kendala dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Dungingi melaksanakan tugasnya sebagai: a. minimnya sarana dan prasarana, b. ketidak tepatan waktu pelayanan. 3) upaya Mengatasi Permasalahan dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di kecamatan Dungingi melalui pengadaan barang berupa sarana perkantoran yang belum tersedia di kantor kecamatan Dungingi dan komunikasi secara terbuka mengenai keterlambatan waktu pelayanan kepada masyarakat.

Keywords


Public Service Quality, Dungingi Subdistrict Office; Kualitas Pelayanan Publik, Kantor Kecamatan Dungingi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitiaan. Jakarta: Rineka Cipta

Dwiyanto, Agus, (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jakarta: Raja Grafindo

Lukman, Sampara. (1998). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar

Mahmudi. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta: Pustaka Pelajar

Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Salemba

Pamudji, S. (2009). Ekologi Administrasi Negara. Jakarta: bumi Aksar

Undang-Undang No.28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi

Waluyo, Herman. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: Salemba


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.5.2.134-145.2016

Article metrics

Abstract views : 42 | views : 332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Yulita K Puluadji, Abdurrahman Pakaya, Lucyane Djafar



Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.